Home Headline Terbukti Digelembungkan, Panwas Rekomendasikan Pemilu Ulang

Terbukti Digelembungkan, Panwas Rekomendasikan Pemilu Ulang

Semarang, 11/12 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Semarang merekomendasikan pemilihan suara ulang di TPS 10 kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

Rekomendasi di berikan usai dilakukan kajian laporan dari kuasa hukum paslon nomor 1 Soemarmo HS-Zuber Safawi kepada Panwas, Kamis (10/12) kemarin.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas kota Semarang Bekti Maharani saat di hubungi BeritaJateng.net mengatakan, berdasarkan kajian laporan paslon 1 melalui kuasa hukumnya yang menyatakan ada penggelembungan suara yang diduga dilakukan tim paslon 2 bekerjasama dengan KPPS di TPS 10 kelurahan Bandarharjo. Panwas kota Semarang merekomendasikan agar dilakukan pemungutan suara ulang.

“Pemilihan suara ulang surat harus dilakukan maksimal 4 hari setelah rekomendasi turun dari panwas. Rekomendasi pemilihan ulang harus dilakukan KPU jika tidak sanksinya pidana,” ujar Bekti.

Menurutnya, pemilihan ulang dilakukan sebagaimana prosedur KPU yakni dimulai dengan pendataan ulang pemilih, pemilih datang ke TPS dan mencoblos paslon yang dipilih.

“Utamanya, petugas KPPS yang terbukti bermasalah harus diganti dengan segera oleh KPU. Panwas juga akan secara langsung mengawasi jalannya pemungutan suara ulang,” katanya.

Bekti mengaku, hingga saat ini kasus penggelembungan suara baru terindikasi di satu tempat di TPS 10 Bandarharjo.

“Tidak menutup kemungkinan ada kecurangan serupa juga di TPS lain. Untuk saat ini baru satu TPS yang dilaporkan,” imbuhnya. (Bj)