Home DPRD Kota Semarang Telan Rp 1,1 Triliun, Pembangunan SPAM Semarang Barat Harus Diawasi Secara Ketat

Telan Rp 1,1 Triliun, Pembangunan SPAM Semarang Barat Harus Diawasi Secara Ketat

3582
0
Ketua DPRD Kota Semarang meninjau lokasi banjir rob.

SEMARANG, 19/4 (BeritaJateng.net) – Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, meminta kepada semua pihak untuk ikut melakukan pengawasan terhadap proses pembangunan SPAM Semarang Barat mulai pembahasan Perda yang mengatur mekanisme KPBU pembangunannya.

Ia beralasan, dalam pembangunan SPAM Semarang Barat menggunakan anggaran yang sangat besar yaitu Rp 1,1 triliun. Sehingga, penggunaan anggaran itu harus dilakukan pengawasan yang ketat.

“Harus dilakukan pengawasan ketat. Jangan sampai uang yang besar itu disalahgunakan. Makanya semua pihak harus ikut menyoroti. Masyarakat juga ikut mengawasi,” kata Supriyadi.

Pengawasan tersebut dilakukan agar proses penggunaan dana dan pembangunan SPAM bisa berjalan sesuai detail enginering design (DED). Dengan demikian, maka nantinya pemanfaatan SPAM bisa sesuai perencanaan.

“Kami di DPRD juga pasti akan menjalankan fungsi pengawasan yang melekat di kami,” ucapnya.

Dari sisi pembahasan Raperda, pihaknya juga akan mempercepat proses pembentukannya sebagai bentuk dukungan terwujudnya SPAM Semarang Barat yang akan mengcover 60.000 KK di Kecamatan Semarang Barat, Tugu, dan Ngaliyan.

“Kami tidak akan mengulur-ulur waktu, pasti kami percepat agar bantuan dari pusat untuk kepentingan masyarakat Kota Semarang ini segera terwujud,” paparnya.

Kendati demikian, pembahasan Raperda tetap melalui mekanisme yang sudah ditetapkan. Usai disetujui semua Fraksi, selanjutnya dibentuk panitia khusus (Pansus) yang akan menangani Raperda tersebut.

“Pansus itu yang nantinya bertugas melakukan pembahasan, public hearing dna lainnya. Hasilnya disampaikan di Paripurna untuk disahkan. Sementara untuk teknisnya, nanti ditindaklanjuti melalui Perwal (Peraturan Wali Kota–red),” ucapnya. (El)