Home Headline Tekan Penyebaran DBD, Juliari Ajak Warga Konsisten Jaga Kebersihan Lingkungan

Tekan Penyebaran DBD, Juliari Ajak Warga Konsisten Jaga Kebersihan Lingkungan

413
Anggota DPR RI Juliari P. Batubara saat melakukan kunjungan kerja di Semarang

Semarang, 24/2 (BeritaJateng.net) – Anggota DPR RI Juliari Pieter Batubara terus mengingatkan warga Kota Semarang untuk secara konsisten menjaga kebersihan lingkungan. Saat musim hujan, katanya, penyebaran penyakit demam berdarah (DB) sering kali terjadi lebih cepat.

“Terutama lingkungan sekitar, harus dijaga kebersihannya,” katanya usai melakukan Kunjungan Kerja di Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Sabtu (23/2/2019).

Sementara dari data Dinas Kesehatan Kota Semarang sendiri, dari bulan Januari hingga Februari, penderita kasus demam berdarah mencapai 122 kasus. Di mana dari jumlah tersebut, sebanyak tiga pasien meninggal dunia.

Oleh karenanya, untuk memutus penyebaran penyakit demam berdarah tersebut, Ari sapaan akrab Juliari Peter Batubara tak henti-hentinya mengingatkan kepada warga, bahwa salah satu cara untuk memutus rantai berkembangbiaknya nyamuk yakni dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun warga,” tegasnya.

Penerapan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di rumah-rumah, menurut Ari juga harus digiatkan. Hal ini mengingat selain menjaga kebersihan lingkungan, PSN merupakan salah satu kiat paling efektif untuk memberantas sarang nyamuk.

“Kami berharap masyarakat lebih menggiatkan PSN di rumah-rumah, karena lebih efektif dibanding fogging. Misalnya tutup bak air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, kubur barang bekas, dan hindari menggantung baju atau pakaian kotor,” ungkapnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah.

Salah satunya dengan menggalakkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Pihaknya juga menerapkan program Apel PSN, setiap hari Jumat dengan melibatkan tim untuk memantau sarang nyamuk di setiap rumah.

“Kami mengggalakkan PSN dan bukan menggalakkan fogging,” jelasnya. (El)