Home Lintas Jateng Tekan Pencurian Kayu, Perhutani dan Polres Blora Serius Awasi Hutan

Tekan Pencurian Kayu, Perhutani dan Polres Blora Serius Awasi Hutan

754
Beberapa kayu yang berhasil di amankan Perhutani dan Polres Blora
Beberapa kayu yang berhasil di amankan Perhutani dan Polres Blora
Beberapa kayu yang berhasil di amankan Perhutani dan Polres Blora

Blora, 27/4 (BritaJateng.net) – Perhutani KPH Cepu bekerja sama dengan Polres Blora serius awasi sejumlah kawasan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) yang sedang melakukan tebang habis produksi kayu jati pada 2015.

Koordinator Keamanan (Waka ADM KPH Cepu), Agus Kusnandar, penebangan kayu jati saat ini sedang berlangsung di sejumlah lokasi di wilayah KPH Cepu, sehingga rawan pencurian.

Lokasi itu di antaranya, BKPH Cabak, Nanas, Nglobo, Nglebur, Pasarsore, Ledok, Wonogadung dan Kedewan. “Dari kasat mata saja, di lokasi tebangan banyak kayu jati berserakan, menunggu angkutan truk untuk dibawa ke Tempat Penampungan Kayu (TPK),” katanya.

Dia menjelaskan, pengawasan khusus itu dalam rangka untuk menekan angka pencurian kayu jati yang akhir-akhir ini masih sering terjadi di wilayah KPH Cepu. Terbukti dengan ditemukan puluhan kubik kayu jati olahan maupun kayu jati gelondongan di sejumlah tempat perusahaan kayu jati dan pekarangan warga, ketika digelar operasi gabungan.

Dia menambahkan, modus pencurian kayu selama ini, selain menebang langsung tegakan kayu jati di kawasan hutan, mereka sering mengincar kayu tebangan dengan menggunakan sepeda motor. Saat dibawa, pencuri menutupi kayu jati curian dengan rerumputan untuk mengelabuhi petugas.

“Selama ini kami selalu bertindak tegas kepada pelaku pencurian kayu, termasuk tidak segan- segan menindak atau memberhentikan karyawan Perhutani yang terlibat pencurian seperti yang sudah pernah kami lakukan,” katanya.

Kapolres AKBP, Dwi Indra Maulana ketika ditemui di ruang kerjanya menyatakan, pihaknya siap membantu KPH Cepu dalam mengamankan aset negara dan wilayah kawasan hutan. “Perhutani dalam melaksanakan operasi maupun pengamanan dapat minta bantuan Polsek terdekat,” ungkapnya. (BJ31)