Home Lintas Jateng Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Ganjar Buat Program Berburu Ibu Hamil

Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Ganjar Buat Program Berburu Ibu Hamil

STT-Tekan Kematian Ibu Melahirkan

Semarang, 14/9 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat program untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi baru lahir di wilayahnya. Program tersebut diberi nama “berburu ibu hamil”.

“Ayo berburu ibu hamil. Catat kondisinya untuk memantau perkembangan ibu hamil,” kata Ganjar usai Diskusi bertajuk ‘Turunkan Angka Kematian Ibu Melahirkan dan Bayi Baru Lahir’ di Hotel Dafam Semarang, Senin (14/9).

Menurut Ganjar, program berburu ibu hamil ini sudah berlangsung 1 tahun, meskipun sampai sekarang hasilnya belum maksimal.

Ia mengakui, trend angka kematian ibu melahirkan tahun ini mengalami kenaikan. “Semoga  data ini bisa digunakan untuk peduli terhadap ibu hamil,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, setiap turun ke bawah dalam berbagai pertemuan selalu menanyakan hal ihwal kesehatan ibu hamil. Misalnya, ia memanggil ibu-ibu yang hamil maju ke depan dalam sebuah forum. Di situ Ganjar mencecar ibu hamil terkait dengan kondisi kesehatannya.

“Berapa bulan, sudah periksa belum, kalau anaknya sudah banyak ya harus ikut program KB,” kata Ganjar.

Ia berharap dengan berburu ibu hamil tersebut maka bisa dilakukan usaha menekan kematian ibu hamil dan bayi baru lahir.

Ganjar menyatakan, bila ada daerah yang tiap tahun angka kematian ibu hamil masih terus tinggi maka ia tak segan-segan untuk memberi peringatan. “Berarti pejabatnya gagal,” beber Ganjar.  (bj05)