Home Hiburan Teater Tikar Bakal Hadirkan “Mengancam Kenangan” di Wisma Perdamaian

Teater Tikar Bakal Hadirkan “Mengancam Kenangan” di Wisma Perdamaian

P_20151008_202713

Semarang, 16/10 (BeritaJateng.net) – Setelah melakukan tour pertunjukan di tiga kota, Purwokerto, Solo dan Tegal, Teater Tikar bakal menggelar pertunjukan berjudul “Mengancam Kenangan” di Semarang.

Pertunjukan lakon “Mengancam Kenangan” karya Iruka Danishwara Widodo, dan disutradarai oleh salah satu pegiat teater Ibrahim Bhra bakal digelar di Aula Wisma Perdamaian (Bundaran Tugumuda), Senin 19 Oktober 2015.

Pertunjukan ini merupakan rangkaian terakhir dari pentas keliling Teater Tikar yang diawali pada 2 September lalu.

“Kami sengaja memilih Semarang sebagai pertunjukan penutup, dengan harapan agar penampilan bisa optimal,” tutur Imam Machfudz, Koordinator Teater Tikar, Jumat, 16 Oktober 2015.

Imam, yang juga sebagai aktor dalam pertunjukan Mengancam Kenangan tersebut mengatakan bahwa meski membawakan naskah sama, namun konsep setiap kota berbeda.

“Selain kami memberlakukan double cast, setting yang kami tawarkan setiap kota juga berbeda. Tentu pertunjukan di setiap kota memiliki filosofi tersendiri,” tambah dia.

Pertunjukan Mengancam Kenangan ini menceritakan nasib keluarga yang ditinggal seorang bapak, ditinggal karena bapak, yang memiliki arah pandangan politik yang tidak seirama dengan penguasa tersebut diculik. “Kemudian ibu harus merawat sendiri anak lelakinya,” terang dia.

Namun, lanjut Imam, anak lelaki yang telah dibesarkan tersebut, juga memilih meninggalkan rumah. “Karena merasa kecewa dengan sang ibu, karena setiap dia tanya keberadaan bapak, sang ibu tidak bisa menjawab. Tidak jelasnya keberadaan bapak, membuat anak lelaki itu kacau.”

Iruka, penulis naskah yang juga anggota sekaligus aktor Teater Tikar mengatakan, cerita ini tentang luka yang hanya tahu caranya melukai, kemudian akhirnya menjadi sebuah kenangan. Tentang, sebuah tanya yang tak pernah terjawab, tentang jatuh cinta yang tak tepat, dan tentang lara yang terus menganga.

Sedikit petikan dialog yang cermin dalam pertunjukan kali ini adalah “Mungkin di dunia ini yang kekal selain Tuhan, adalah kenangan…”

Untuk menonton pertunjukan yang dimulai pukul 19.30 WIB tersebut, dikenakan biaya tiket Rp 10.000. Bisa menghubungi, 0856 4163 6099 (MEITHA). (Bj)