Home Headline Taruna Akpol Gagalkan Aksi Pencurian Di Mall

Taruna Akpol Gagalkan Aksi Pencurian Di Mall

400
0
Taruna Akpol Gagalkan Aksi Pencurian Di Mall
       Semarang, 10/4 (BeritaJateng.net) – Aparat Kepolisian Kota Besar Semarang mengamankan dua pelaku pencurian dengan sasaran pengunjung mall di Kota Semarang.
        Aksi pencurian kedua pelaku di sebuah restoran cepat saji di Java Mal Semarang, pada Minggu (8/4) sekitar pukul 14.30 wib berhasil digagalkan empat Taruna Akademi Kepolisian.
       Satu pelaku bernama Faizal Ramadana (24) berhasil diamankan di lokasi. Sedangkan pelaku lainnya, Edi Junaidi (42) yang sempat lolos saat kejadian, berhasil diamankan di sebuah losmen di Lawean, Solo oleh tim resmob Polsek Semarang Selatan.
       Wakapolrestabes Semarang AKBP Enrico Silalahi mengatakan bahwa peristiwa itu bermula ketika korban Putri Ditamaya Shandy (30) warga Lamper Tengah, Semarang, sedang  makan di rumah makan cepat saji di Java Mall jalan MT Haryono Semarang. Korban tidak menyadari telah diawasi para pelaku.
       “Saat itu pelaku yang memanfaatkan kelengahan korban, langsung menggeser tas korban yang berisi HP, dan dompet digeser pelaku menggunakan kakinya dan mengambilnya. Mengetahui tas miliknya diambil korban langsung berteriak,” ujarnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang Selasa (10/4) siang.
Pelaku pencurian yang beraksi di sejumlah mall di Semarang.

Naas bagi kedua pelaku, empat taruna Akpol yang saat itu sedang pesiar yakni Brigadir Dua Taruna, Bhakti Hermawan, Janiar A Lintang, Dwita Pratama Fitria, Darlian mendengar teriakan korban. Keempatnya langsung menangkap salah satu pelaku, sementara pelaku lain berhasil kabur.

       “Mendengar teriakan minta tolong, saya bersama tiga rekan saya langsung menghadang dan menangkap pencuri tersebut, sedangkan satu orang kabur ke jalan raya,” ungkap Brigadir Dua Taruna Dwita Pratama Fitria, siswa Akpol Selasa (10/4).
       Faizal Ramadana (25) yang merupakan warga Cikupa, Tangerang ditangkap di lokasi kejadian dan dibawa ke kantor polisi, sementara pelaku Edi Junaidi (42) warga Oku, Palembang yang merupakan otak pelaku, berhasil ditangkap di losmen di Solo, sekitar pukul 23.30 wib, oleh tim Resmob Semarang Selatan.
       Dihadapan polisi pelaku Rdi mengaku beru empat kali beraksi di wilayah semarang. “Saya baru empat kali, sasaran acak,” ungkapnya.
        Setelah dilakukan pengembangan, kedua pelaku ini memang sering melakukan tindak pencurian dengan pemberatan di sejumlah mal di kota Semarang. Di antaranya, Java Mall, Citraland, Transmart dengan modus mencari kelengah korban dan mengambil barang.
       Atas perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (Nh/El)
Barang bukti pencurian di mall