Home Ekbis Tarif Angkutan di Kudus Segera Disesuaikan

Tarif Angkutan di Kudus Segera Disesuaikan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Kudus,26/1 (Beritajateng.net) –  Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) segera melakukan pembahasan untuk penurunan tarif angkutan penumpang disesuaikan dengan harga BBM terkini.

”Penurunan tarif angkutan penumpang di Kabupaten Kudus perlu dilakukan disesuaikan dengan harga BBM terkini,” kata Kepala Dishubkominfo Kudus, Didik Sigiharto, Senin (26/1).

Hanya saja, lanjutnya, untuk membahas tarif yang baru tersebut pihaknya perlu mengundang berbagai pihak terkait. Diantaranya Organda, paguyuban angkutan pedesaan dan kota, serta angkutan penumpang lainnya. Namun, tarif yang baru nantinya tidak bisa kembali normal seperti sebelumnya.

Rencananya, katanya, pembahasan tarif angkutan yang baru tersebut rencananya akan dilakukan pekan ini. Sementara, terkait fluktuasi harga jual BBM jenis premium menyusul dicabutnya subsidi oleh pemerintah, akan dipertimbangkan pula ditetapkan tarif batas atas dan batas bawah.

”Artinya, ketika harga jual premium mengalami kenaikan tentunya tidak perlu lagi digelar pertemuan untuk membahas tarif yang baru. Jika pertemuan dilakukan setiap ada perubahan harga jual BBM, tentu merugikan pengusaha angkutan karena waktunya tersita untuk membahas tarif baru,” tegasnya.

Dalam penetapan tarif angkutan, masih kata Didik, harus mematuhi batas kewajaran karena yang akan terkena imbasnya adalah pemilik angkutan. Dan, apabila penetapan tarif angkutan terlalu mahal dikhawatirkan masyarakat akan lari ke kendaraan pribadi.

”Yang perlu menjadi pertimbangan, tarif angkutan jangan terlalu memberatkan penumpang tetapi juga jangan terlalu murah, karena akan merugikan pemilik dan armada angkutan umum. Apalagi, selama ini penumpang angkutan di Kudus mayoritas pedagang, pelajar dan buruh pabrik,” tandasnya. (BJ12)