Tari Topeng Ireng Merapi Tampil Di Festival Indonesia Di Moskow

Kemeriahan Nations Day Festival di Zaytuna Bay, Beirut Lebanon, 9 – 11 Juni 2017. Pasukan perdamaian TNI yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-I/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), ikut ambil bagian dalam festival tersebut.

Jakarta, 8/8 (BeritaJateng.net) – Tari Topeng Ireng asal lereng Gunung Merapi Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, ikut meriahkan acara seni budaya internasional dalam Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden Moskow, Rusia, Minggu malam.

Tari Topeng ireng yang dibawakan sebanyak 16 duta seni pelajar asal Boyolali tersebut mengandalkan gerakan serasi secara bersamaan yang membuat kagum para masyarakat Moskow yag mengunjungi panggung pagelaran di Hermitage Gerden Rusia.

Bahkan, sejumlah masyarakat Moskow yang belum mengenal tarian asli dari masyarakat di Lereng Gunung Merapi tersebut melihat dengan terkagum-kagum, sehingga mereka ikut hanyut mengikuti dalam gerakan yang dibawakan para pelajar duta seni Boyolali.

Tari Topeng Ireng yang ditampilkan baik penari putra maupun putri dengan diiringan alat musik gamelan jawa tersebut kelihatan sangat indah karena antara gerakan tari dan musik serasi serta diwarnai sengan hentakan-hentakan gerak yang bersamaan.

Selain itu, para penari pada akhir pertunjukan dengan mengajak para penonton di Moskow untuk ditarik ke tengah untuk diajak menari dengan gerakan-gerakan mengikut irama sehingga suasana menjadi hanya dan penuh keakraban.

Menurut Widodo Munif selaku pimpinan delegasi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali tari topeng ireng memang asli dari warga Lereng Merapi yang dikenalkan kepada masyarakat dunia termasuk di Moskow ini.

Menurut Munir, sangat penarik melihat para penari duta seni pelajar asal Boyolali yang berbaur dengan masyarakat Moskow mengikuti gerak serasi dengan alunan musik gamelan membuat suasa menjadi hangat dan penuh keakraban.

“Kami berharap melalui seni budaya ini, Boyolali dapat dikenal di tingkat dunia. Kami sebelumnya juga mengirimkan duta seni pelajar di negara-negara Eropa, Jepang, Tiongkok, Hong Kong, dan Belanda,” katanya.

Boyolali selain mengirimkan tari Topeng Ireng, Sekar Merapi, Turionggo Seto, Tembaga, Bedayan, Tetayuban, Wanara, sedang kelompok musik eknik Ellegro Sanaparane juga ikut memeriahkan acara internasional dalam Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden Moskow, Rusia.

Chintia pelajar SMA Negeri 3 Boyolali salah satu anggota duta seni Boyolali 2017 mengatakan bangga bisa mewakili Boyolali Indonesia tampil di ajang internasional di Rusia.

“Saya bangga bisa memperkenalkan budaya Boyolali Jateng ke kancah internasional dan ini pengalaman berharga,” kata Chintia Kusuma Dewi yang masih duduk di kelas 12. (El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN