Home Lintas Jateng Target Pendapatan Parkir Temanggung Capai 65 Persen

Target Pendapatan Parkir Temanggung Capai 65 Persen

Parkir
ilustrasi

Temanggung, 25/11 (BeritaJateng.Net) – Pendapatan parkir kendaraan bermotor Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hingga bulan November 2014 baru mencapai 65 persen dari target Rp700 juta pada tahun ini.

“Secara matematis setoran bulan November ini telah mencapai 91,67 persen atau sebesar Rp641,7 juta, namun kenyataannya tidak seperti itu,” kata staf administrasi Bidang Pengelolaan Parkir Dishubkominfo Kabupaten Temanggung, Imam Wuryando di Temanggung, Selasa (25/11).

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya para pemilik kartu tanda anggota (KTA) pemilik lahan parkir resmi akan menutup setoran sampai 100 persen pada akhir Desember.

“Sekarang memang masih 65 persen dari target setoran masuk. Tetapi nanti biasanya pemilik KTA akan membayarnya pada akhir bulan Desember atau pelunasan sekalian pembuatan KTA resmi baru,” katanya.

Ia mengatakan saat ini masih terdapat petugas parkir yang belum membayarkan setoran ke Dishubkominfo secara tepat waktu. Bahkan, jika dipersentase pemilik KTA yang tertib membayar setoran hanya 75 persen, selebihnya terpantau belum dapat memenuhi target batas waktu pembayaran.

“Biasanya mereka membayar setoran ke Dishubkominfo dengan berbagai cara, ada yang diangsur, ditutup pada akhir tahun, dan ada yang dibayar dimuka atau bulan-bulan awal,” katanya.

Sebelumnya, permasalahan pengelolaan parkir dalam hal perolehan setoran kepada kas daerah sempat menjadi pembahasan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Temanggung.

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan, Elisabeth Intan Kurniasari, permasalahan parkir di Temanggung seolah-olah tidak ada ujung pangkalnya. Bahkan pihaknya menanyakan sikap tegas dari pemkab dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Sebuah keanehan, katanya jika jumlah besaran setoran kepada kas daerah dari tahun ke tahun justru malah semakin turun, padahal potensi lahan parkir baru semakin banyak.

“Hal ini tidak logis, mengapa setoran menurun padahal potensi parkir semakin banyak. Kami minta pemerintah mengambil langkah tegas dan tepat dalam menyelesaikannya,” katanya. (ant/pri)

Advertisements