Home Lintas Jateng Tanpa Menunggu Walikota Baru Dilantik, Tavip :  SKPD Langsung Kerja

Tanpa Menunggu Walikota Baru Dilantik, Tavip :  SKPD Langsung Kerja

 

Semarang, 9/1 (BeritaJateng.net) – Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto meminta jajaran satuan kerja perangkat dinas (SKPD) untuk langsung bekerja tanpa menunggu wali kota baru dilantik.

“Tidak usah menunggu lama, kita semua harus langsung bergerak melakukan kegiatan yang sudah disusun agar program-program pembangunan dapat selesai tepat waktu,” katanya di Semarang, Jumat.

Hal tersebut diungkapkan mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Jawa Tengah itu usai penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kota Semarang Tahun 2016.

Tavip menjelaskan pimpinan SKPD harus segera berkoordinasi setelah menerima DPA-SKPD untuk melaksanakan program-program pembangunan sepanjang 2016 yang telah disusun agar bisa segera dilaksanakan.

Kegiatan atau program pembangunan yang sudah direncanakan pada 2016, kata dia, harus segera dimulai, termasuk kegiatan-kegiatan yang membutuhkan proses lelang harus segera dilakukan.

“Dalam bulan ini, SKPD yang kegiatan yang membutuhkan lelang harus segera diumumkan di SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) sehingga bulan depan sudah dapat dilelangkan,” katanya.

Percepatan pelaksanaan pembangunan, kata dia, sangat penting agar Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) tidak membengkak, seperti pada tahun lalu yang mencapai lebih dari Rp1 triliun.

“Jadikan SiLPA yang masih besar ini sebagai evaluasi agar tidak terulang lagi. Jangan sampai lagi ada proyek molor, gagal lelang. Ini kan membuat penyerapan anggaran tidak maksimal,” katanya.

Tavip mengatakan SKPD harus melaksanakan seluruh program kegiatan sesuai dengan perencanaan yang dilakukan secara matang agar dapat memperoleh hasil yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat mutu.

Pada tahun ini, Pemerintah Kota Semarang juga menerima bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jateng dengan jumlah Rp43 miliar yang dialokasikan ke beberapa SKPD, khususnya terkait infrastruktur.

Sebelumnya, DPRD Kota Semarang juga mengharapkan jajaran SKPD untuk bisa melaksanakan program-program kegiatan yang sudah direncanakan dan dianggarkan agar tidak menimbulkan SiLPA yang besar.

Sesegera mungkin, kata Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, Pj Wali kota menerbitkan peraturan wali kota untuk pelaksanaan APBD agar program yang direncanakan segera berjalan dan dinikmati masyarakat. (Bj)