Home Headline Tanggul Sungai Tuntang Jebol, Satgas Jogo kali Evakuasi Warga

Tanggul Sungai Tuntang Jebol, Satgas Jogo kali Evakuasi Warga

696
Tanggul Sungai Tuntang Jebol, Satgas Jogo kali Evakuasi Warga

Demak, 9/20 (BeritaJateng.net) –  Ribuan pemukiman penduduk serta ribuan hektar sawah milik petani terendam banjir, hal ini diakibatkan jebolnya tanggul sungai Tuntang yang berada di Desa Trimulyo, kecamatan Guntur Jebol sepanjang kurang lebih 20 meter.

Akibat dari kejadian ini ratusan warga yang sebagian besar Lansia, Ibu rumah tangga dan anak-anak, terpaksa dievakuasi oleh Satgas Jogo kali yang terdiri dari,  Anggota TNI, Kepolisian, BPBD ke Balai Desa Trimulyo, dimana lokasi tersebut merupakan Posko utama bencana.

Evakuasi korban banjir yang dilakukan Satgas Jogo Kali dengan menggunakan truk Dalmas dan BPBD silih berganti untuk mengevakuasi korban banjir, mengingat ketinggian air masih berkisar 50-100 cm, hal tersebut dikatakan Kapolres Demak AKBP Fidelis Putra Timuranto.

“Kita sudah menginstruksikan satgas untuk mengevakuasi warga ketempat yang kering, mengingat debit air semakin tinggi,” ucap Kapolres Demak.

Ada dugaan sementara, lanjut Kapolres Demak, penyebab jebolnya tanggul tersebut akibat dari banyaknya pipa paralon yang ditanam petani di tanggul sungai untuk mengaliri area persawahan mereka.

“Masih kita selidiki dugaan jebolnya tanggul tersebut apakah benar karena pemasangan pipa atau faktor lain,” kata AKBP Fidelis Putra Timuranto.

Menurut salah satu warga Trimulyo, Ahmadi (45), menjelaskan bahwa jebolnya tanggul sungai Tuntang yang berada di daerahnya terjadi pada hari Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Dimana jebolnya tanggul berada didekat pemjkiman warga.

“Begitu tanggul jebol kita tidak bisa berbuat apa-apa, air datang begitu cepat hanya sebagian barang barang yang bisa diselamatkan,” ucap Ahmadi.(BW/El)