Home Lintas Jateng Tambahan Gaji PNS Kendal mencapai Rp 174 Miliar

Tambahan Gaji PNS Kendal mencapai Rp 174 Miliar

Kendal, 9/2 (BeritaJateng.net) – Sangat ironis, ditengah kondisi ekonomi Masyarakat Kendal yang masih terpuruk, namun justru Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kendal umpak-umpakan menaikkan penghasilannya yang totalnya mencapai Rp 174 Milyar dalam APBD Kendal Tahun 2016.

Hal ini sebagaimana disampaikan seorang PNS Kendal yang memprihatinkan adanya TPP tersebut yang membebani Uang Rakyat. “Saya seneng saja dapat tambahan penghasilan, tapi sebaiknya Dana Rp 174 Milyar itu prioritasnya digunakan untuk pembangunan jalan-jalan yang rusak dulu,” ungkapnya yang minta identitasnya dirahasiakan. 

Ditambahkannya, dalam penentuan besaran TPP tersebut dinilai tidak adil dan terkesan digebyah uyah.

“Tiap kepala Dinas penghasilannya sama Rp 8 jutaan setiap bulannya, dan yang mencolok justru yang struktural dan staf walau golongannya IV besaran penghasilannya selisih jauh,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kendal , Prapto Utono menanggapi hal ini memang dewan pernah membahas tambahan penghasilan PNS Kendal, namun besarannya hanya Rp 30 Milyaran setiap tahunnya.

“Ya ada tambahan penghasilan PNS agar mereka kinerjanya baik, dan masalah besarannya nanti ta chek dulu mas,” tuturnya saat dihubungi BeritaJateng.net.

Sedangkan Ketua GNPK Jateng, Mastur Darori menilai TPP tersebut  merupakan pemborosan Uang Rakyat.

“Itu pemborosan uang rakyat, tidak pas diterapkan saat ini yang masyarakatnya masih susah,” tegasnya.

Ditempat terpisah Ketua LSM Vok Populi, Joko Wiyono sangat menyesalkan kebijakan Pj Bupati Kendal atas TPP tersebut yang tidak populis dan terkesan menghambur-hamburkan uang Rakyat.

“Yang digunakan ini uang Rakyat, koq dihambur-hamburkan. Padahal kinerja mereka saat ini jelek, kita minta data aja sulit aksesnya,” terangnya.

Selanjutnya  Pj Bupati Kendal, Kunto Hp saat dikonfirmasi terkait kebijakan TPP Kendal hingga ditulisnya berita ini belum juga membalas SMS Media ini. Padahal Keputusan Bupati Kendal Nomor : 893/592/2015 tentang Tambahan Penghasilan PNS Kendal Tahun 2016 yang ditandatanganinya mulai efektif berlaku sejak tanggal 2 Januari 2016 ini. Dan dalam peraturan itu tercantum klasifikasi besaran Tambahan Penghasilan PNS tertinggi diperoleh Jabatan Sekda Kendal sebesar Rp 16 juta, kemudian Kepala Badan/ Inspektorat sebesar Rp 9 jutaan, disusul Para Kepala SKPD sebesar Rp 8 jutaan sedangkan TPP terendah senilai Rp 800 ribuan setiap bulannya untuk golongan I PNS Kendal. (Bj)