Home Headline Tak Kapok di Bui, Solichin Maling Puluhan Handphone di Counter HP Kaliwungu

Tak Kapok di Bui, Solichin Maling Puluhan Handphone di Counter HP Kaliwungu

Semarang, 16/11 (BeritaJateng.net) – Baru tiga bulan merasakan udara bebas setelah keluar dari penjara bulan Agustus lalu, seorang pria bernama Solichin (33) warga Tawang Rejosari, Tawangmas Semarang kembali berurusan dengan Polisi.

Solichin diamankan Tim Resmob Polsek Tugu Semarang setelah mencuri belasan ponsel di sebuah counter HP di Kaliwungu, Kendal beberapa waktu lalu.

Namun apes, lantaran saat mencuri dalam keadaan mabuk, dari sekian HP yang dicurinya, hanya lima yang asli. Sisanya merupakan replika, yang biasa difungsikan untuk display.

Sebelumnya, pelaku juga terlibat pencurian di sejumlah tempat yang ada di Jawa Tengah seperti Semarang, Batang, Kendal dan Pekalongan.

Sementara itu, Kapolsek Tugu Semarang, Kompol Ana Maria menjelaskan dalam melakukan aksinya pelaku tak sendirian. Ia melakukan bersama tiga orang lain yang saat ini masih dalam pengejaran petugas.

“Peran pelaku ini beda-beda. Ada yang sebagai eksekutor seperti Solichin ini, ada juga yang bertugas mengawasi di luar counter. Untuk bisa membobol, pelaku menggunakan sebuah kunci L,” jelasnya saat gelar perkara di Mapolsek Tugu, Senin (16/11).

Dihadapan petugas, Solichin mengaku uang hasil kejahatannya itu ia gunakan untuk pesta miras.

“Saya pergunakan untuk minum-minuman dan karaoke di ‘JBL’, sisanya saya bagi rata sama temen,” ujarnya.

Untuk proses hukum selanjutnya, kini Solichin diamankan di Mapolsek Tugu Semarang. Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa empat unit sepeda motor, senjata tajam, kunci L dan belasan ponsel replika.

“Tersangka terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana Pasal 363 KUHP, dan terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (Bjt02)