Home Headline Tak Ada SOP, Fadlizon Duga Kedatangan Brimob Ke Kantor Gerindra Ilegal

Tak Ada SOP, Fadlizon Duga Kedatangan Brimob Ke Kantor Gerindra Ilegal

287
0
Fadlizon datangi kantor Gerindra di Semarang.
      Semarang, 7/5 (BeritaJateng.net) – Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon belum bisa terima begitu saja Kantor DPC Kota Semarang dan DPD Jateng milik partainya didatangi jajaran Brimob, meski Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnu Nugroho sudah meminta maaf dan mengakui adanya miskomunikasi, Ia bahkan menduga apa yang dilakukan anggota kepolisian itu bagian dari operasi ilegal.
       Fadli menduga patroli yang dilakukan jajaran Brimob ilegal lantaran tidak ada SOP yang jelas untuk operasi tersebut. Sehingga ia menilai kegiatan tersebut bisa dikategorikan aksi intimidatif terhadap institusi demokrasi, yakni parpol.
       “Tunjukin dong SOP-nya, suratnya mana, operasi apa itu namanya kalau mendatangi parpol, dengan membawa laras panjang saja sudah intimidatif,” ujarnya saat di Kantor DPC Gerindra di Jalan Durian Raya, Banyumanik, Semarang, Minggu (6/5) malam.
       Ia juga bilang, soal Sigit Ibnu yang sudah meminta maaf kepada kepolisan dan mengakui adanya miskomunikasi adalah permasalahan pribadi. “Tapi kalau menyangkut institusi harus ada kejelasan. Harus ada klarifikasi, intimidasi karena kita ini di luar pemerintahan. Harus fair,” tambahnya.
        Fadli pun mengungkap, adanya kemungkinan bagi pihaknya untuk meminta bantuan ke Propam guna menyelidiki hal ini. Terkait apakah patroli itu sudah sesuai prosedur, atau siapa yang memberi instruksi jika sudah sesuai SOP.  “Kalau bisa dicopot sajalah oknum-oknum di belakang ini. Itu mencederai kepolisian sendiri,” katanya.
        Selain itu, Fadli menyebut akan mendiskusikan masalah ini bersama dengan Komisi 3 DPR RI. Sebagaimana ia sebutkan kedatangannya ke Kantor DPC Gerindra Kota Semarang sendiri juga sebagai Wakil Ketua DPR bidang Polhukam yang melakukan fungsi tugas pengawasan.
       “Mungkin nanti dari Jakarta juga ada tim advokasi bantuan hukum ke Jawa Tengah terkait dengan masalah ini,” imbuhnya.
        Sebelumnya, Kepala Satuan Brimob Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Tory Kristianto mengatakan, apa yang dilakukan anggotanya dengan mendatangi kantor DPC Gerindra Kota Semarang, Jumat (4/5) dan kantor DPD Gerindra Jateng di Jalan Kanguru Raya, Kota Semarang, Sabtu (5/5) adalah bagian dari operasi rutin.
        “Apa yang kami lakukan itu hal yang biasa. Itu hanya operasi rutin dalam rangka menjaga suasana yang kondusif di masa pilkada atau Pilgub Jateng 2018,” ujar dia.
          Tory mengatakan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pada masa pilkada atau Pilgub Jateng, pihaknya memang menggelar patroli secara ke kantor-kantor partai politik. Tak hanya kantor Partai Gerindra saja, kami juga rutin mendatangi kantor KPU, Panwaslu, dan juga Bawaslu.
          Tory juga membantah apa yang dilakukan pasukannya terkesan berlebihan. Kedatangan pasukan Brimob Polda Jateng ke kantor DPC Partai Gerindra Kota Semarang dan DPD Partai Gerindra Jateng dengan bersenjata lengkap sudah sesuai dengan standard operating procedure (SOP). (Nh/El)