Home Nasional Tahun 2016, SIM C Bakal Dibagi 3 Golongan

Tahun 2016, SIM C Bakal Dibagi 3 Golongan

1172

Semarang, 7/12 (BeritaJateng.net) – Di tahun mendatang atau tahun 2016 timbul wacana terkait penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM), khususnya SIM C. Penggolongan tersebut berdasarkan kapasitas silinder sebuah motor yang digunakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Benyamin, menyatakan nantinya akan ada 3 model baru dari SIM C. Rencananya penerbitan SIM C baru itu, akan dimulai pada bulan April 2016 mendatang.

“Tahun depan ada SIM C1, C2 dan C3. Untuk klasifikasi C1 adalah motor dengan kapasitas silinder 250cc hingga 500cc. Sementara C2, motor dengan kapasitas silinder 500cc hingga 750cc, sedangkan C3 diperuntukkan untuk silinder di atas 750cc,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk SIM C yang sudah ada sebelumnya masih sama seperti yang berlaku sekarang. Sedangkan pembuatan jenis SIM yang baru, dikhususkan untuk motor dengan kapasitas silinder yang besar.

“Teknisnya nanti cc yang lebih besar bisa menggunakan cc yang lebih kecil. Sama halnya dengan yang sudah pegang SIM B1 (mobil penumpang), boleh mengemudikan mobil (SIM A),” jelasnya.

Sebelum disosialisasikan lebih jauh lagi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri saat ini tengah merumuskan mengenai sistem penerbitannya.

Aturan tentang SIM sendiri sudah tertuang pada Undang-Undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang mana dalam Pasal 77 ayat (1) disebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki SIM.

Sementara itu, Kombes Pol Lilek Darmanto selaku Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah mengutarakan SIM merupakan salah satu bukti bahwa seseorang telah memenuhi syarat untuk berkendara.

“Jadi, jika sudah memiliki SIM berarti dinilai sudah cakap dalam mengemudi dan tentunya memahami aturan yang berkaitan dengan lalu lintas,” terangnya.(Bjt02)

Advertisements