Home Headline Joko Sutopo Kembali Nyalon Bupati Wonogiri

Joko Sutopo Kembali Nyalon Bupati Wonogiri

818

SEMARANG, 12/12 (Beritajateng.net) — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri kembali pada Pilkada Serentak 2020 sebagai Calon Bupati Wonogiri. Pria yang akrab disapa Jekek ini mendaftar di hari terakhir penjaringan Calon Kepala Daerah DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Kamis (12/12).

Jekek datang ke Panti Marhaen pada pukul 14.00 dengan diantar 500 an pendukungnya dan tim kesenian tradisional seperti Reog dan Tari Anoman dengan diiringi Gamelan khas Wonogiri. Selain itu, tamu yang hadir juga disuguhi makanan Bakso dari Paguyuban Pedagang Bakso Wonogiri di Semarang Raya.

Jekek mengaku kedatangannya ke DPD PDIP Jateng untuk memenuhi amanat partainya agar mengikuti proses pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Pilkada 2020.

“Didampingi rekan-rekan partai, komunitas, pegiat seni dan budaya, kami mengambil formulir atau mendaftar sebagai calon bupati Wonogiri,” ujar Jekek seusai mengambil formulir pendaftaran.

Kedatangan Jekek untuk mendaftar ini sebenarnya cukup mengejutkan. Terlebih sebelumnya Jekek sempat menyatakan tak terlalu berminat untuk mencalonkan diri kembali sebagai cabub Wonogiri pada Pilkada 2020.

Sebelumnya Jekek mengaku tidak berminat mendaftar didasari pada pernyataan Mendagri Tito Karnavian bahwa untuk memenangkan Pilkada butuh anggaran antara 30 – 50 miliar rupiah.

“Kalau saya harus menyediakan uang sebanyak itu saya nggak punya. Maka saya bertanya kepada banyak elemen masyarakat apakah kalau saya tidak punya uang mendukung apa tidak. Ternyata mereka tetap mendukung,” bebernya.

Bahkan menurut Jekek, beberapa orang menyatakan siap membantu membiayai saksi yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS).

“Terus terang saya tidak akan maju kalau dengan politik transaksional,” jelasnya.

Sampai dengan berita ini diturunkan, Jekek menjadi satu satunya orang yang mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Wonogiri sedangkan untuk balon wakil tercatat ada 8 orang Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Wonogiri mencalonkan diri melalui penjaringan di DPD PDI perjuangan Jateng.

(NK)