Home Nasional Sutarman Minta Wakapolri Lakukan Konsolidasi Internal

Sutarman Minta Wakapolri Lakukan Konsolidasi Internal

Kapolri Jenderal Sutarman
Kapolri Jenderal Sutarman
Kapolri Jenderal Sutarman

Jakarta, 21/1 (BeritaJateng.net) – Mantan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman meminta Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti untuk segera melakukan konsolidasi internal untuk menjaga integritas dan kekompakan atau soliditas institusi Polri kedepan.

“Pesan saya ke Bapak Badrodin, agar segera melakukan konsolidasi ke dalam, jaga integritas, soliditas dan profesionalitas kesatuan,” kata Sutarman dalam Upacara Penyerahan Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Kapolri Kepada Wakapolri, di Jakarta, Rabu.

Sutarman juga mengucapkan selamat kepada Wakapolri untuk menjalankan amanah tanggung jawab serta tugas-tugas Kapolri dengan baik.

Pihaknya mengatakan telah secara tulus dan ikhlas melepaskan jabatan sebagai Kapolri. Ia bahkan mengatakan bahwa jauh-jauh hari telah mempersiapkan para juniornya untuk sewaktu-waktu menggantikan jabatannya sebagai kapolri.

Pihaknya mengakui bahwa pergantian kepemimpinan di Polri ini telah menimbulkan polemik di masyarakat. Kendati demikian ia berharap bahwa kondisi ini tidak menimbulkan ‘kegaduhan’ di internal Polri dan meminta agar Polri tetap kompak.

Lebih jauh, ia meminta agar marwah Polri tetap terjaga dan tidak terbawa arus kekuatan politik.

“Jangan sampai kesatuan Polri diombang-ambing karena kekuatan politik,” kata dia.

Dalam pidatonya tersebut, Sutarman mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel kepolisian atas dedikasi dan kesungguhan mereka dalam melaksanakan tugas sehingga Polri mampu menampilkan sosok polisi yang baik dan ramah terhadap masyarakat.

Selain itu, pihaknya memohon maaf kepada seluruh personel Polri karena selama kepemimpinannya belum mampu memberikan rasa keadilan secara menyeluruh baik di internal Polri dan di masyarakat.

“Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas apa yang sudah saya lakukan selama memimpin Polri,” ujar Sutarman dengan nada terbata-bata.

Ia berdoa dibawah kepemimpinan Komjen Badrodin Haiti, institusi Polri mampu semakin berkembang menjadi institusi yang dipercaya dan dicintai masyarakat.

Selain mantan kapolri dan wakapolri, dalam upacara itu hadir Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Anang Iskandar dan Kadivhumas Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie.

Sementara pejabat Polri lainnya seperti Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan dan mantan Kabareskrim Komjen Suhardi Alius tidak tampak hadir.

Pada Jumat (16/1), Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi pemberhentian Jenderal Polisi Sutarman dari jabatan kapolri.

“Mulai saat ini, mulai detik ini, saya laksanakan keputusan presiden (tentang pemberhentian jabatan kapolri) sehingga tugas, wewenang dan tanggung jawab kapolri diberikan kepada Wakapolri yang ditugaskan sebagai Plt. Kapolri,” kata Kapolri Jenderal Pol Sutarman di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (16/1) malam.

Menurut dia, seluruh kegiatan kepolisian termasuk pembinaan dan operasional Polri mulai saat ini dipimpin oleh Komjen Pol Badrodin Haiti. (ant/BJ)