Home Ekbis Surplus Beras di Jateng Aman Hingga April

Surplus Beras di Jateng Aman Hingga April

Klaten, 19/11 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan surplus beras di Jawa Tengah aman hingga April 2016 mendatang. Untuk itu pihaknya menolak beras impor dari negara lain masuk ke Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat kunjungan kerja di Klaten, Rabu (18/11). Ganjar juga menegaskan, bahwa import beras akan merugikan petani lokal.

“Surplus beras di Jateng aman hingga April tahun depan, untuk saya tidak setuju beras import masuk ke Jateng. Karena dikhawatirkan akan merugikan petani lokal,” ujarnya.

Ganjar mengaku sudah menginstruksikan Badan Ketahanan Pangan untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak guna mencegah masuknya beras impor ke Jateng.

Sebelumnya, Kepala Badan Ketahanan Pangan Jawa Tengah Whitono mengatakan bahwa stok beras di provinsi setempat mencukupi hingga akhir 2015 karena produksi beras mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Produksi beras di Jateng pada 2015 diperkirakan mencapai 10,6 juta ton atau mengalami peningkatan mencapai 10,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya sehingga mencukupi dan tidak butuh beras impor, sedangkan cadangan beras di Jateng saat ini masih mencapai sekitar 1 juta ton.

Menurut dia, cadangan beras sebanyak itu terdapat di rumah tangga petani, konsumen, penggilingan, maupun pedagang.

“Kebutuhan besar di Jateng sekitar 250 ribu ton per bulan, artinya selama empat bulan kedepan masih aman,” katanya. (BJ/ant)