Sunani Bahagia, Rumahnya yang Hampir Roboh Diperbaiki Tentara

Sunani Bahagia, Rumahnya yang Hampir Roboh Diperbaiki Tentara
             Semarang (BeritaJateng.net) – Raut bahagia tampak dari wajah Sunani (67) warga Kalisegoro RT 01 RW I Gunungpati Semarang, ia tak menyangka rumahnya yang sebelumnya reyot dan tak layak huni, pada Rabu (2/8/2017) berubah menjadi lebih baik setelah direhab dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke-99 TA 2017.
              Sunani, kini dapat bernafas lega karena tak perlu khawatir lagi rumahnya roboh akibat terpaan angin, ia bisa tidur nyenyak dan tidak bayangi kehujanan saat musim hujan atau pun rumah roboh saat angin kencang.
               Rumah Sunarni yang sebelumnya hanya terbuat dari kayu yang sebagian besar sudah lapuk kini sudah berganti tembok, lantainya juga sudah keramik dan atapnya terbuat dari baja ringan sehingga lebih aman. Rumahnya bukan berubah begitu saja melainkan mendapatkan bantuan pembangunan atau bedah rumah dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 99 tahun 2017 Kodim 0733 BS/Semarang.
                Sunarni mengakui, sebelum mendapatkan bantuan program bedah rumah, kondisi rumahnya cukup parah. Terdapat kebocoran dimana-mana sehingga pada waktu hujan selalu kemasukan air.
                 Kalau malam hari angin malam dengan mudah masuk karena banyak dinding yang terbuat dari kayu banyak yang mulai keropos. “Alhamdulillah sekarang bisa tidur nyenyak dan tidak perlu khawatir kehujanan atau tiba-tiba ada kayu yang jatuh,” katanya.
                Pasiter Kodim 0733 BS Semarang mewakili Dandim 0733 BS Semarang Letkol Inf M Taufiq Zega mengatakan bahwa rehab RTLH termasuk over prestasi. Pasalnya yang sebelumnya bangunan rumah dindingnya setengah bata dan setengah kayu, namun pada pelaksanaannya justru dibuat dinding bata semua. Selain itu lantainya pun tidak plesteran semen, melainkan pasangan keramik. “Pada masing-masing rumah juga kita buatkan teras dari baja ringan,” ungkap Kapten Inf Suradi.
               Suradi mengatakan, dalam program bedah rumah Kodim menargetkan membangun 20 rumah warga yang tidak layak huni. “Sebelum dilakukan. pembangunan kita lebih dahulu melakukan pendataan supaya program tepat sasaran,” katanya.
               Kodim 0733 BS Semarang selaku pelaksana TMMD Reguler di wilayah Kota Semarang pada kegiatan ini berhasil merehab 20 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) warga Kalisegoro. (El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN