Home Nasional Sumiyanto Ciptakan Magic Ring Alat Penghemat BBM Hingga 40%

Sumiyanto Ciptakan Magic Ring Alat Penghemat BBM Hingga 40%

1222
0
Sumiyanto penemu Magic Ring alat penghemat BBM hingga 40%.

Semarang, 5/9 (BeritaJateng.net) – Berawal dari usaha bengkel yang dirintisnya, Sumiyanto (52) berinovasi menciptakan ‘Magic Ring’ salah satu komponen motor sederhana yang dapat membuat motor hemat BBM hingga 40%.

Seperti namanya, Magic Ring merupakan komponen sederhana berbentuk ring yang dirancang khusus untuk berbagai jenis sepeda motor. Sumiyanto merancang komponen ini khusus di bagian knalpot motor. Hasilnya pun ajaib. Setelah Magic Ring terpasang, tenaga motor akan meningkat tajam dan mampu berlari kencang. Bahkan, alat itu mampu mendinginkan mesin motor dalam hitungan detik.

Ide membuat Magic Ring sendiri, kata warga yang tinggal di RT 05 RW 06 Gagak Sipat, Ngemplak, Boyolali itu, berawal pada tahun 2004 lalu. Dengan modal awal Rp. 2 juta, pria yang telah berusia 52 tahun membuka bengkel sederhana di Boyolali itu berkeinginan merancang sebuah alat penghemat BBM yang ramah lingkungan. Uji coba pun dilakukan. Hingga tahun 2009, alat buatan Sumiyanto dipatenkan dengan nama Sumitech.

“Ribuan kali kita lakukan percobaan. Dan akhirnya diakui oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong dan juga Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Boyololi,” kata bapak tiga anak itu.

Sumiyanto menjelaskan cara kerja alat sederhana ini yakni dengan memanfaatkan gas aktif lewat knalpot yang biasanya terbuang sia-sia. Maka sistem sederhana Magic Ring akan mendayagunakan uap bahan bakar minyak secara optimal tatkala mesin dalam kondisi overlapping.

Magic ring komponen motor sederhana yang dapat membuat hemat BBM kendaraan hingga 40%.
Magic ring komponen motor sederhana yang dapat membuat hemat BBM kendaraan hingga 40%.

Setelah alat ini terpasang, secara cepat membuat gas aktif yang seharusnya terbuang keluar akan kembali menuju ruang bakar kembali. Sehingga campuran di ruang bakar ini menjadi rata atau homogen.

“Secara otomatis power dan akselerasi mesin akan bertambah, mesin jadi hemat BBM hingga 40 persen. Asumsinya gas yang sama sebelum pakai Magic Ring larinya 80 kilometer per jam, bisa menjadi 100 kilometer per jam,” kata Sumiyanto di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jawa Tengah, di Semarang, Senin (5/9).

Magic Ring merek Sumitech karya Sumiyanto kini telah diproduksi massal di Akademi Teknik Warga (ATW) Sukoharjo. Penjualannya juga telah dilakukan massif di beberapa kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.

Terbaru, pada akhir 2015 lalu alat ini telah dipakai oleh sebuah perusahaan otomotif ternama yakni PT Triangle Motorindo (Viar Motor). Untuk harga pun bervariatif antara Rp. 120 ribu sampai Rp. 135 ribu, tergantung merek dan jenis sepeda motor yang dipakai.

“Satu bulan kita bisa produksi sampai 30 ribu buah dengan omzet Rp. 56 juta. Kita juga jual secara online,” kata pria tamatan SMA Negeri 1 Temanggung itu.

Ke depan, Sumiyanto mulai mengembangkan alat ini untuk dipakai pada berbagai merek mobil. Rencananya tahun ini juga, Magic Ring untuk mobil sudah mulai produksi massal.

“Prosesnya kini sudah melalui uji coba dan masih berbentuk prototipe. Mudah-mudahan bisa segera,” ujar Sumiyanto sembari menambahkan alatnya telah menyabet juara satu lomba kreasi dan inovasi (Krenova) Jawa Tengah tahun 2014 lalu.

Menurut Sumiyanto, setelah menjuarai lomba kreasi dan inovasi (Krenova) Jawa Tengah tahun 2014 lalu penjualan dan distribusi Magic Ring semakin meningkat.

“Perbulan saya bisa memproduksi 1500-2000 magic ring. Untuk pemasaran pun semakin mudah setelah menjuarai Krenova, karena sering diikutsertakan dalam pameran nasional bahkan Internasional. Produksi magic ring sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui distributor dan agen. Bahkan hingga saat ini sudah ada 5 distributor dan 15 agen resmi,” imbuhnya. (Bj05)