Home Headline Suhu Panas Ekstrim, Bunda Halimah Masak Dibawah Matahari Tanpa Api

Suhu Panas Ekstrim, Bunda Halimah Masak Dibawah Matahari Tanpa Api

404
Suhu Panas Ekstrim, Bunda Halimah Masak Dibawah Matahari Tanpa Api

Semarang, 31/10 (BeritaJateng.net) – Fenomena cuaca kemarau panjang tahun ini sangat berdampak bagi masyarakat di Jawa tengah, mulai kekeringan hingga terjadinya kebakaran, cuaca panas mencapai suhu hingga 45 derajat di Semarang dan sekitar kota di Jawa Tengah.

Bunda Halimah pakar herbal ramuan rempah asal Madura yang tinggal di kota Semarang mengaku merasakan panas yang sangat berbeda dari kemarau tahun sebelumnya. Dirinya sempat mencoba menggoreng kerupuk dan memasak ramuan maduranya hanya dengan terik sinar matahari pada pukul 13.00 siang di halaman belakang rumahnya.

“Awalnya bunda membeli mie ayam ditaruh diluar lama saat siang, karena kelupaan ada tamu, satu jam berikutnya mie ayam tersebut berubah menjadi bubur dan terasa panas mangkoknya,” terangnya.

Lanjutnya, merasa heran bunda mencoba mengambil kuali, air dan ramuan rempah di campur jadi satu dalam kuali, kemudian setelah satu jam lamanya air tersebut mendidih.

Tak hanya itu, dirinya juga menyempatkan mencoba menggoreng kerupuk di atas wajan penggorengan dengan minyak, dan kemudian kerupuk tersebut matang saat di masukan keminyak tersebut, karena panasnya cuaca ekstrim dibawah terik sinar matahari.

“Dengan cuaca panas seperti ini, biasanya banyak orang mengeluh sakit radang, kulit kering dan kaki pecah-pecah, kepala pusing pun biasanya sering dirasakan karena kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu memperbanyak minum air putih atau air kelapa muda,” ungkap Bunda Halimah pakar herbal Indonesia.

Lanjutnya, jika mengalami kepanasan sebaiknya jangan minum yang dingin, karena akan mengakibatkan pusing, radang tenggorokan hingga terjadinya maag.

“Selain air putih dan air kelapa muda, menggunakan sirih wulung dan temulawak juga dapat memberikan stamina saat berada di cuaca panas. Ramuan tersebut fungsinya selain dapat menyembuhkan penyakit dalam, juga dapat mencerahkan kulit agar tidak kusam dan kering,” tambahnya. (AK/El)