Home Lintas Jateng Sudirman Said Berencana Cabut Kartu Tani

Sudirman Said Berencana Cabut Kartu Tani

175
0
Sudirman Said Berencana Cabut Kartu Tani
       BLORA, 11/6 (BeritaJateng.net) – Calon gubernur Jawa tengah Sudirman Said berjanji akan mencabut kartu tani jika terpilih sebagai gubernur Jawa tengah 2018-2023. Menurutnya, keberadaan kartu tani selama ini justru memberatkan petani untuk mendapatkan pupuk.
       Hal ini disampaikan Sudirman Said dalam kongres petani se Jateng di 6 eks karisidenan yang berpusat di Cepu kabupaten Blora Jumat malam (8/6/2018).
      Hadir dalam kongres tersebut ratusan petani di eks karisidenan Pati dan sejumlah simpatisan pendukung Sudirman said-ida Fauziah.
       Sudirman mengaku, pencabutan kartu tani merupakan keinginan sebagian besar petani di Jawa tengah dalam kongres petani.
       “Cabut kartu tani akan kita lakukan. Kartu tani merepotkan, membuat proses mendapatkan pupuk jadi lama, akhirnya apa? Tidak membantu petani tetapi malah membuat petani lari kesana kemari”, jelas Sudirman Said usai acara kongres.
      Menurut Sudirman, kartu tani yang digagas pemerintahan sebelumnya dinilainya juga tidak efektif. Pasalnya tidak semua petani bisa mendapatkan kartu tesebut. Hanya ada 1,7 juta petani atau 20 persen saja yang baru mendapatkan kartu tani.
       “Lebih baik kita kembali ke situasi normal, biarkan petani bebas memperoleh pupuk dan benih dengan leluasa”, tambahnya.
      Sudirman pun mengaku telah menyiapkan program lain untuk mengganti kartu tani tersebut. Program tersebut bernama petani mandiri yang intinya bagaimana caranya pupuk bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan kartu.
       “Kita punya program petani mandiri, bagaimana pupuk bisa diperoleh bebas tanpa kartu dengan kontrol ketat pemerintah supaya tidak lari ke tempat lain”, pungkasnya.
(MN/El)