Home Headline Subhanallah, al-Qur’an dari Daun Lontar Tersimpan di Ponpes Multazam

Subhanallah, al-Qur’an dari Daun Lontar Tersimpan di Ponpes Multazam

Semarang, 24/12 (BeritaJateng.net) Sebagai bukti bahwa Al Qur’an dijaga sampai akhir jaman baik itu hafalan dan tulisannya oleh Sang Pencipta. Al Qur’an 30 juz yang ditulis dari daun Lontar kini bisa dilihat di Pesantren Multazam Semarang.

Pengasuh Pondok Pesantren Multazam Semarang, KH. Khamammi., S.Ag., MM mengungkapkan jika ada wali murid dari santrinya yang kebetulan dahulu pernah nyantri di Madura. Santri dan Kyainya sangat dekat. KH. Khamammi enggan menyebutkan siapa nama santrinya.

“Ternyata di dalam pesantren itu menyimpan banyak warisan-warisan para orang terdahulu yang sudah ratusan tahun. Salah satunya Al Qur’an 30 juz yang ditulis dari daun Lontar,” ujarnya saat diwawancarai, Kamis (24/12).

Seakan-akan pihaknya mendapat warisan. Menurutnya, ini jelas tulisan para wali jaman dahulu.

“Kalau dilihat dari tahunnya sekitar 1700-an tahun yang lalu. Masih utuh, awet dan ‘subhanallah’ terjaga luar biasa,” ungkapnya.

Ini menunjukkan karomah dari Al Qur’an, daun pun tidak busuk sampai sekarang bahkan masih terlihat seperti daun segar. Rencananya KH. khamammi akan meletakkannya pada salah satu tempat di Pesantren miliknya dengan bingkai kaca supaya bisa dilihat banyak orang. Paling tidak untuk semangat mempelajari dan mengamalkan isi Al Qur’an.

“Ini juga untuk memotivasi anak-anak bahwa orang-orang terdahulu pun bisa melakukan segala hal dan sampai sekarang bisa dibaca semua orang,” terangnya.

Lebih jauh, KH. Khamammi menjelaskan warisan ini sebagai dorongan kepada anak-anak dalam belajar Al Qur’an dengan sungguh-sungguh.

“Jaman dahulu saja sudah menulis huruf dengan baik walaupun di atas daun. Sekarang jamannya sudah canggih ada internet dan kertas. Mestinya para santri bisa lebih berprestasi jika memang menginginkan memiliki masa depan yang lebih baik,” pungkasnya. (BJT01)