Home Ekbis Stok Ikan Langka, Pedagang Hanya Jual Asinan

Stok Ikan Langka, Pedagang Hanya Jual Asinan

379
0
Stok Ikan Langka, Pedagang Hanya Jual Asinan
            BLORA, 4/1 (BeritaJateng.net) – Pelarangan penggunaan alat tangkap ikan jenis cantrang berdampak terhadap stok ikan di pasaran. Di pasar jepon kabupaten Blora, stok ikan laut sudah mulai langka sejak sepekan lalu. Kini pedagang hanya bisa menjual ikan jenis bandeng, lele dan asinan.
         “Ini yang ada hanya ikan lele dan bandeng, asinan juga ada. Biasanya ya saya jual banyak, seperti ikan abangan, cumi hingga kakap. Tapi sejak tanggal 30 lalu sudah tidak ada ikan”, ungkap Jumirah pedagang ikan di pasar Jepon Blora, Kamis siang (4/1/2018).
         Akibat kelangkaan ini, para pedagang ikan di pasar Jepon juga memilih pulang lebih awal. “Ini tinggal saya saja mas, biasanya juga ada yang lain, tapi sudah pulang”, imbuhnya.
          Menurut Jumirah, harga ikan bandeng saat ini juga mulai tinggi. Saat ini harga ikan bandeng mencapai Rp 24.000 dari sebelumnya Rp 20.000, sedangkan untuk asinan dijual Rp 10.000 per kilonya.
          “Lele stabil Rp 22.000, tapi untuk ikan bandeng naik Rp 4.000 menjadi Rp 24.000”, terangnya.
          Melambungnya harga ikan ini pun dikeluhkan oleh sejumlah pembeli. Peni (41) warga kidangan kecamatan jepon kabupaten Blora mengaku susah jika harga ikan terus naik. Padahal hampir setiap hari dirinya membeli ikan untuk lauk makan keluarganya.
        “Jane kabotan mas, tapi piye maneh, (berat mas, tapi mau bagaimana lagi). Ini pembelian tidak dikurangi karena memang kebutuhan segitu”, ungkapnya.
          Para pedagang mengaku tidak tahu sampai kapan stok ikan langka. Mereka hanya berharap agar ikan bisa kembali normal lagi. “Kalau harapannya ya semoga ikan cepat ada lagi, biar pembeli tidak banyak yang mengeluh”, harap Jumirah.
(MN/El)