Home Lintas Jateng Stok Darah PMI Kota Semarang, Masih Mencukupi, Masuk Hari Lima Ramadhan

Stok Darah PMI Kota Semarang, Masih Mencukupi, Masuk Hari Lima Ramadhan

114
0

PMI
Semarang, 22/6 (BeritaJateng.net) – 
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang menyatakan persediaan darah memasuki hari kelima bulan Ramadhan masih mencukupi dengan jumlah yang bervariasi.

“Persediaan darah di unit donor darah (UDD) PMI per hari ini atau Senin (22/6) mencapai 6.303 kantong darah. Semua terdiri dari berbagai macam golongan darah dan delapan jenis darah. Jumlah itu masih mencukupi kebutuhan,” kata Rini Astuti Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Semarang.

Rini menambahkan 6.303 kantong darah itu bisa buat persediaan untuk stok dropping darah segar ke semua unit PMI di Kota Semarang. 

“Jadi dengan jumlah kantong darah tersebut setiap harinya, PMI mengirim 150 kantong darah segar ke tiap UGD PMI,”imbuhnya.

Dari setiap stok darah yang dimiliki PMI Kota Semarang, paling banyak mereka mencari golongan darah O.

“Paling banyak dicari golongan darah O, dan yang paling sedikit dicari di sini adalah AB,”tuturnya.

Sedangkan stok untuk kebutuhan darah kita setiap hari 250-300 kantong dan hingga hari ini masih bisa mencukupi untuk kebutuhan rumah sakit di Semarang.

“Setiap hari ada permintaan 300 stok darah dari PMI Semarang yaitu rumah sakit di Kudus, Kendal, Kabupaten Semarang, Salatiga, Tegal, Demak dan Purwodadi,” tandasnya.(BJ04)