Home Headline STIMART AMNI Kini Memiliki Status Baru Sebagai Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI)

STIMART AMNI Kini Memiliki Status Baru Sebagai Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI)

600

Semarang, 22/02 (Beritajateng.net) – Pada hari Jumat 21 Februari 2020, Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor (STIMART) AMNI resmi berubah menjadi sebuah universitas dengan nama baru yaitu, Universitas Maritim  AMNI Semarang (UNIMAR AMNI Semarang). Acara berlangsung di Gedung Dewa Ruci UNIMAR AMNI Semarang, Jl. Soekarno Hatta No.180.
Perubahan status ini, sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 93/M/2020 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “AMNI” Semarang di Kota Semarang, menjadi Universitas Maritim AMNI di Kota Semarang.

Penyerahan surat keputusan tersebut, dilaksanakan oleh Plt Direktur Pendidikan Tinggi Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr Ir Agus Indarjo MPhil kepada Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Edi Soeprapto.

Disampaikan oleh Plt Direktur Pendidikan Tinggi Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr Ir Agus Indarjo MPhil,dengan berubahnya status dari sekolah tinggi menjadi universitas, maka nantinya cakupan pendidikan di UNIMAR AMNI ini akan lebih luas. “Sudah pasti akan sangat berbeda, universitaa akan lebih luas cakupannya, sehingga lembaga pendidikan ini akan semakin maju dan berkembang,” jelas Agus Indarjo disela sela acara penyerahan SK di Gedung Dewa Ruci.

Sejumlah perubahan juga di program studi. Sebelumnya ada 4 program studi, sementara setelah menjadi universitas maka program studi menjadi 8. Berikut program studi saat masih berstatus STIMART AMNI, D3 Ketatalaksanaan Pelayar Niaga dan Kepelabuhan,D3 Nautika, D3 Tehnik dan S1 Manajemen Transpor. Setelah menjadi universitas maka progran studi menjadi 8 prodi, yaitu S1 Transportasi, S1 Perdagangan Internasional, S1 Tehnik Keselamatan, S1 Tehnik Transportasi Laut, S1 Tehnik Mesin, D3 Tehnika, D3 Nautika dan D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan. (NG/BJ)