Home Ekbis SPBN Morodemak Dikuasai Tengkulak

SPBN Morodemak Dikuasai Tengkulak

296
0
Terjadi kelangkaan solar untuk nelayan, Bowo Sidik Pangarso, Anggota Komisi VI DPR RI, melakukan sidak di SPBN Morodemak.
“Tidak tepat sasaran, SPBN Morodemak 
menjadi ladang uang bagi para tengkulak”
       Demak, 1/3 (Berita Jateng.net) – Sulitnya mendapatkan pasokan bahan bakar jenis solar untuk kebutuhan kapal nelayan yang berada di wilayah Morodemak, Kabupaten Demak yang mengakibatkan nelayan tidak bisa melaut. Kabar sulitnya mendapatkan solar nampaknya sampai ke telinga wakil rakyat yang berada di Jakarta.
       Anggota Komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso, saat melakukan kunjungan kerja ke Demak menyempatkan diri untuk menyambangi para nelayan yang sedang kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar solar untuk pergi melaut.
       “Memang sekarang ini terjadi kelangkaan solar bagi nelayan di Morodemak hal ini banyak faktornya,” ucap Bowo.
        Politisi Golkar ini menjelaskan, jika ada indikasi BBM subsidi untuk nelayan tidak tepat sasaran, justru solar untuk nelayan malah dikuasai oleh para tengkulak. Bukan itu saja dari laporan nelayan yang diterimanya, selama ini nelayan hrus mengantre  Tiga jam dan ada pembatasan jumlah bahan bakar yang mereka beli di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Morodemak.
         “Saya sudah berkoordinasi dengan Pertamina pusat, secepatnya kami akan lakukan pembenahan supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi,” terang Bowo.
         Sementara itu menurut petugas SPBN Morodemak, Wahid, mengakui jika terjadi kelangkaan solar untuk nelayan, malahan terjadi aksi borong solar yang dilakukan oleh para tengkulak.
        “Persentasenya 10 persen saja yang dibeli nelayan, sedangkan sisanya di borong bakul atau tengkulak,” terang Wahid.
        Mengingat SPBN masih disubsidi, lanjut Bowo, sudah menjadi kewajiban untuk di salurkan tepat sasaran, jika hal tersebut tidak dilaksanakan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan akan ditutup.(Bw/El)