Home Ekbis SPB Vi-gas Resmi Dipakai di Jateng dan DIY

SPB Vi-gas Resmi Dipakai di Jateng dan DIY

image
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meresmikan SPB Vigas di Semarang

Semarang, 8/11 (beritajateng.net) – PT. Pertamina (Persero) realisasikan penetrasi pasar produk liquefied gas for vehicle yang dikenal dengan merk Vi-Gas ke pasar Jawa bagian tengah dengan diresmikannya dua SPB Vi-Gas di Semarang dan Yogyakarta.

Berpusat di SPBU Choco Sultan Agung Semarang 41.502.02, dua SPB Vi-Gas secara resmi di buka oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan simbolis pengisian Vi-Gas pada mobil angkutan dan mobil sedan yang telah memiliki tangki pengisian gas atau dimodifikasi.

“Dengan dibangunnya SPB Vi-gas di Semarang dan Yogyakarta ini akan membuka pintu pasar Vi-Gas sekaligus mendukung program konversi BBM ke bahan bakar gas di sektor transportasi. Saat ini konsumsi solar dan premium di Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai sekitar 5,8 juta KL sehingga ini menjadi titik potensial bagi upaya pemasaran Vigas di Jateng sebagai kedaulatan energi di Indonesia,” paparnya.

Pertamina telah efektif mengoperasikan sebanyak 18 SPB Vi-Gas dengan perincian 12 unit beroperasi di DKI Jakarta, 3 unit di Bali dan 1 unit di Bandung. SPB Vi-Gas di Semarang dan DIY memiliki kapasitas penyimpanan sebanyak 6 MT atau setara 11.800 liter setara premium.

Apabila digunakan untuk pengisian pada angkutan umum, setara 500 unit kendaraan perhari pengisian Vi-Gas.

Menurutnya, Pertamina akan terus fokus kembangkan bisnis gas, dengan melakukan pembangunan infrastruktur dan outlet Vi-Gas di beberapa lokasi seperti Solo dan Surabaya yang akan beroperasi awal tahun ini juga. Bahkan pembangunan unit penjualan Vi-Gas dan Envogas ditarget 150 unit pertahun.

“Memang sampai saat ini konsumsi Vi-Gas dan Envogas baru mencapai baru mencapai sekitar 0,1 persen, namun dalam 5 tahun mendatang diharapkan tingkat konsumsi Vi-Gas dan Envogas meningkat jadi sekitar 2,5 juta KL setara premium,” lanjutnya.

LGV dengan merk Vi-Gas merupakan bahan bakar gas yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor dengan campuran propane (c3), dan butane (c4) memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan BBM, yakni ramah lingkungan, pembakaran yang sempurna, bebas sulfur dan timbal, memperpanjang siklus penggantian pelumas, memperpanjang umur mesin, memperhalus suara mesin dan bebas knocking. (BJ05)