Home Kesehatan SOLOPEDULI Telah Membantu 1.358 Jiwa Korban Gempa Lombok

SOLOPEDULI Telah Membantu 1.358 Jiwa Korban Gempa Lombok

66
0
SOLOPEDULI Telah Membantu 1.358 Jiwa Korban Gempa Lombok

Solo, 17/8 (BeritaJateng.net) – Pasca gempa dengan kekuatan 7 SR di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan ratusan warga meninggal dunia, ribuan warga kehilangan tempat tinggal, gempa yang diikuti gempa-gempa susulan juga menyebabkan ribuan warga mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi, gempa telah meninggalkan trauma dan kegoncangan jiwa bagi para korban.

Sejumlah bantuan dan relawan yang telah diterjunkan ke wilayah bencana baik oleh pemerintah maupun dari lembaga sosial masih belum mencukupi untuk membantu proses evakuasi, distribusi dan recoveri.

Gempa susulan yang terus terjadi pasca bencana 29 Juli 2018 menyebabkan warga lebih memilih untuk bertempat tinggal di wilayah yang lebih tinggi, pemilihan wilayah yang lebih tinggi dirasa lebih aman dari ancaman tsunami, jalan-jalan rusak dan terpotong, menjadi kendala tersendiri bagi para relawan yang dikirimkan, pendistribusian bantuan menjadi terkendala.

SOLOPEDULI Telah Membantu 1.358 Jiwa Korban Gempa Lombok

Wilayah bencana yang memporak-porandan pemukiman, dengan suhu yang relatif panas dan tanah kekeringan menjadi rentetan kemalangan para korban dan relawan yang diterjunkan. Pada 16/8/2018 SOLOPEDULI memberikan bantuan 6000 liter air bersih, makanan pokok, tambahan terpal dan bantuan pendirian mushola dilakukan di desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Salah satu warga yang menerima bantuan air bersih menyampaikan terimakasih banyak SOLOPEDULI dan merasa sangat senang atas bantuan air bersih dan makanannya.

Sejak 6 hingga 16 Agustus 2018 SOLOPEDULI telah mengirimkan relawan ke wilayah bencana, dengan posko yang berada di Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara. Bantuan yang diberikan berupa pengobatan umum, trauma healing, dapur umum, kebutuhan pokok, gizi anak, pakaian baru, genset dan perkap, terpal dan selimut, tandon air dan perkap, alat ibadah, mushola darurat, tikar dan karpet, air mineral dan air bersih, penerima manfaat 1.358 jiwa. SDM yang dikerahkan 4 orang medis, 4 orang logistik, 3 orang teknis, 1 mobil ambulan, 1 mobil layanan. Adapun titik sebaran bantuan ke 9 desa/dusun, 5 kecamatan, 1 kabupaten. Sementara untuk sebaran lokasi ke Kecamatan Tanjung 3 titik, Kecamatan Kayangan 3 titik, Kecamatan Ganga 1 titik, Kecamatan Gunungsari 1 titik, Kecamatan Bayan 1 titik.

SOLOPEDULI Telah Membantu 1.358 Jiwa Korban Gempa Lombok

SOLOPEDULI yang merupakan lembaga amil zakat skala provinsi yang bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infak, sedekah dan dana-dana sosial lainnya untuk disalurkan kepada kaum Dhuafa, pada yang berhak menerima, dan kepada yang membutuhkan, seperti korban bencana alam. Solopeduli beralamat di jalan Lempongsari Timur 2 No 46A Rt 04 / Rw 06 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. Dengan kantor area di seluruh Soloraya dan Jawa Tengah, mitra jejaring Jawa Barat, Jogjakarta dan Aceh.

“Sampai saat ini barang barang kebutuhan korban gempa yang masih mendesak untuk dipenuhi diantaranya kebutuhan pokok, beras, minyak, tepung, terpal, selimut, genset, air mineral, makanan ringan, tandon air dan lain lain,” ujar Direktur SIGAP SOLOPEDULI.

Direktur Umum SOLOPEDULI, Harjito menyampaikan, “bantuan-bantuan yang kami berikan masih dirasa kurang karena besarnya kebutuhan para korban bencana, mudah-mudahan masyarakat banyak yang tergerak untuk menyalurkan bantuan bagi korban gempa Lombok, sampai saat ini kami masih terus menggalang dana dari kantong-kantong masyarakat, baik ke sekolah, perusahaan maupun ke masjid dan ke komunitas-komunitas, sampai saat ini relawan SOLOPEDULI yang berada di Lombok masih dalam proses membantu pembuatan mushola darurat dan penyaluran logistik ke wilayah yang masih kekurangan maupun ke wilayah susah akses logistik”.

“Untuk satu bulan ke depan kami akan mendistribusikan bantuan ambulan dan perlengkapannya, bantuan ini ditujukan bagi para korban gempa yang patah tulang, terluka parah dan korban yang masih dalam proses penyembuhan. Sementara untuk recoveri jangka panjang kami merencanakan akan membantu rumah hunian, kami memohon doanya kepada masyarakat agar rencana kami dapat berjalan dengan lancar sehingga para korban mendapat bantuan yang maksimal,” imbuhnya. (El)