Home News Update Soemarmo Penuhi Panggilan Panwas Klarifikasi Dugaan Money Politik

Soemarmo Penuhi Panggilan Panwas Klarifikasi Dugaan Money Politik

583

Sumarmo

Semarang, 4/9 (BeritaJateng.net) – Calon Wali Kota Semarang yang diusung Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Soemarmo Hadi Saputro memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Semarang, Jumat (4/9).

Panggilan calon nomor urut 1 ini, terkait adanya laporan dari tim kuasa hukum pasangan calon nomor urut 2 pada Selasa (1/9) lalu, tentang dugaan pelanggaran money politik yang dilakukan Soemarmo HS.

Kedatangan Soemarmo langsung diterima ketua Panwaslu Kota Semarang Muhammad Amin di kantor Panwaslu Jalan Taman Telaga Bodas 1 Semarang.

Didalam ruangan dilakukan pemeriksaan yang berjalan kurang lebih 1,5 jam. “Saya hadir disini memenuhi panggilan Panwas untuk menjelaskan dan mengklarifikasi tuduhan money politik yang dilayangkan,” kata Soemarmo usai pemeriksaan.

Divisi Penindakan Pelanggaran Panwa Kota Semarang, Parlindungan Manik mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi dengan melayangkan sejumlah pertanyaan terkait adanya dugaan pelanggaran yang dilakukannya. Namun, pihaknya mengaku masih akan melakukan kajian lebih mendalam termasuk memeriksa saksi-saksi.

“Sampai saat ini kita belum menyatakan hasilnya, kita masih akan melakukan kajian sesuai hukum. Termasuk memeriksa saksi, rencananya diperiksa hari ini juga,” tandas Manik.

Seperti yang diketahui, tim kuasa hukum dan advokasi Semarang Hebat melaporkan dugaan pelanggaran PKPU No. 7 Tahun 2015 asal 69 tentang pelanggaran money politik terhadap paslon nomor urut 1 Soemarmo HS-Zuber Safawi dengan alat bukti berita di sebuah koran Jawa Tengah, Radar Semarang yang menguraikan berita bahwa Paslon tersebut memberikan uang kepada masyarakat. (Bj)

Advertisements