Home Lintas Jateng Soal UN Wilayah Karimunjawa Akan Dikirim Lebih Awal

Soal UN Wilayah Karimunjawa Akan Dikirim Lebih Awal

image

Jepara,25/3 (beritajateng.net)- Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun sederajat akan digelar pada pertengahan bulan April mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara untuk menyongsong agenda tahunan itu. Salah satunya, mempersiapkan distribusi soal ke semua wilayah. Khusus untuk Karimunjawa, nantinya akan didistribusikan lebih awal lantaran wilayahnya yang jauh.

Kepala Disdikpora Jepara Khusairi mengatakan, saat ini pihaknya tengah dalam proses finalisasi persiapan menghadapi UN. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan memastikan semua hal termasuk distribusi soal UN ke semua rayon atau wilayah di Kabupaten Jepara.

“Besok kami melakukan rapat pleno untuk finalisasi persiapan UN. Sementara ini persiapan tidak ada kendala yang berarti. Yang menjadi perhatian khusus untuk masalah distribusi memang distribusi ke Karimunjawa. Kami harus kirim lebih awal sebelum yang lain,” ujar Khusairi.

Menurutnya, dari tahun ke tahun, distribusi soal ke Karimunjawa memang maksimal sepekan sebelum pelaksanaan UN digelar harus sudah dikirim ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu. Sebab, pengiriman harus melalui kapal untuk menyebrang.

“Apalagi kondisi gelombang air laut masih tak menentu. Untuk mewaspadai gelombang tinggi dan kapal tidak berani menyeberang, lebih baik dikirim lebih awal,” terangnya.

Lebih lanjut Khusairi mengemukakan, jadwal distribusi soal akan dimulai pada 29 Maret nanti sampai 11 April. Diharapkan, untuk Karimunjawa sudah dapat dikirim pada awal April antara tanggal 3-5 April. Sehingga proses UN di Karimunjawa tidak ada masalah mengenai distribusi soal.

Sementara itu Camat Karimunjawa M Tahsinul Khuluq mengemukakan, pihaknya menyatakan secara khusus di sekolah-sekolah di Kecamatan Karimunjawa sudah mulai mempersiapkan UN. Termasuk mempersiapkan ruangan khusus untuk menyimpan soal-soal UN yang akan dikirim lebih awal oleh dinas terkait.“Intinya di Karimunjawa sudah siap menghadapi UN,” kata Tahsin. (BJ18)

Advertisements