Home Lintas Jateng SMPN 1 dan SMAN 1 Purbalingga Raih Juara Umum Jumbara IX

SMPN 1 dan SMAN 1 Purbalingga Raih Juara Umum Jumbara IX

1265

juara umum foto bersama para pengurus PMI Purbalingga

Purbalingga, 20/9 (BeritaJateng.net) – Regu Palang Merah Remaja (PMR) Madya SMPN 1 Purbalingga dan PMR Wira dari SMAN 1 Purbalingga berhasil meraih juara umum dalam Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-IX di Lapangan Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Minggu (20/9).

Jumbara yang berlangsung sejak Kamis diikuti oleh 51 pangkalan PMR di Purbalingga baik tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Atas prestasi juara Umum, SMPN 1 Purbalingga mendapat piala bergilir dari Ketua DPRD Purbalingga, sedang SMAN 1 Purbalingga meraih piala bergilir dari Bupati Purbalingga.

Kegiatan Jumbara yang digelar dua tahun sekali melakukan sejumlah traveling seperti Ayo Siaga Bencana, Pendidikan Remaja Sebaya, Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Sanitasi Kesehatan, Donor Darah Siswa, kepemimpinan, Desiminasi Kepalangmerahan, Paduan Suara, Desain Poster, Desain Profil Unit, Lomba Cerdas Cermat Kepalangmerahan, Penyuluhan Ayo Siaga Bencana, dan Lomba penulisan kegiatan/kehumasan.

SMPN 1 Purbalingga berhasil meraih sejumlah kejuaraan antara lain juara I Diseminasi Kepalangmerahan, juara I Penyuluhan Ayo Siaga Bencana, juara III Desain Poster, juara III Paduan Suara, juara II Ayo Siaga Bencana, juara II Pendidikan Remaja Sebaya, Juara I Pertolongan Pertama dan Juara III Lomba Cerdas Cermat Kepalangmerahan.

Sementara SMAN 1 Purbalingga mampu meraih sejumlah kejuaraan antara lain Juara I Ayo Siaga Bencana, juara I Pendidikan Remaja Sebaya, juara I Kepalangmerahan, Juara I Sanitasi Kesehatan, Juara III Kepemimpinan, Juara I Desiminasi Kepalangmerahan, Juara I Paduan Suara, juara III Youth Volunter Ambassador, dan juara I Lomba Cerdas Cermat Kepalangmerahan.

Selain itu, juga ditetapkan juara favorit pilihan peserta dari PMR Madya SMPN 1 Karangmoncol, serta juara kontingen Inspiratif dari MA Minhajut Tolabah Kembangan Bukateja.

Ketua Panitia Pelaksana Jumbara Rukmwan Suci Laswono,SE, peserta Jumbara terdiri dari 26 regu PMR Wira dari SMA/SMK/MA dan 25 PMR Madya yang berpangkalan di SMP/MTs. Jumbara merupakan kegiatan rutin dua tahunan guna mengevaluasi pembinaan PMR Madya dan PMR Wira. Setiap pangkalan mengirimkan 24 orang anggota PMR.

”Kegiatan Jumbara selain untuk memacu keterampilan juga akan memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam penanganan bencana yang sesungguhnya,” kata Rukmawan.

Sementara itu Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno yang menutup kegiatan Jumbara tersebut berpesan kepada para peserta untuk dapat memanfaatkan pengalaman yang diraih selama menjadi anggota PMR dan selama mengikuti Jumbara.

”Pengalaman itu hendaknya dapat menjadi pegangan hidup dalam meningkatkan kualitas sebagai anggota PMR. Jumbara jangan hanya jadi kegiatan seremonial rutin, namun terus dikembangkan dan ditindaklanjuti secara konsisten sebagai bekal pembinaan calon relawan muda PMI di semua pangkalan,” pinta Suyitno.

Pj Bupati Purbalingga Budi Wibowo pada saat membuka Jumbara mengungkapkan, kegiatan Jumbara bisa menjadi sebuah langkah cerdas untuk meningkatkan kualitas relawan muda PMI dari waktu ke waktu.

”Jumbara kali ini dilaksanakan dalam suasana kemarau yang kering dan panjang, yang membutuhkan kecermatan kita dalam memanfaatkan sumber  daya lingkungan dengan efektif dan efisien.  Disinilah diharapkan tema jumbara “cerdas, tanggap dan bersahabat” bisa diimplementasikan.  Cerdas berprestasi dan terampil memahami lingkungan sekitar yang menjadi tempat tinggal kita selama kegiatan, tanggap terhadap kondisi yang terjadi saat ini yaitu kemarau kering yang panjang dan bersahabat dengan masyarakat dan sesama peserta yang berinteraksi dengan kita semua,” pesan Budi Wibowo. (BJ33)