Home News Update SMP Sultan Agung 4 Gelar Pemilos

SMP Sultan Agung 4 Gelar Pemilos

Semarang, 10/11 (BeritaJateng.net) – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), OSIS SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang gelar Pemilos (Pemilihan OSIS) bertajuk ‘Belajar Demokrasi melalui Pemilos’, Selasa (10/11).

Pemilos dimanfaatkan sebagai media pembelajaran demokrasi layaknya pemilu atau pilkada langsung. Kegiatan bertajuk Pesta Demokrasi OSIS itu digelar secara umum oleh seluruh siswa sebanyak 475 siswa di TPPS (Tempat Pemilihan Pemungutan Suara) yang telah disediakan di lapangan sekolah.

Terobosan pembelajaran Demokrasi melalui Pemilos dilaksanakan oleh SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang dan respons dari para siswa sangat antusias.

“Kami berusaha untuk memberi pendidikan politik atau berdemokrasi kepada mereka sejak dini. Harapannya, nilai-nilai demokrasi yang baik bisa menjadi bekal saat dewasa. Karena suatu saat mereka akan mempunyai hak pilih dalam pemilu mendatang,” ungkap Pembina OSIS, Saifullah Arif, M.Pd.

Kegiatan diawali dengan pemilihan sepuluh pasangan calon terbaik yang kemudian diseleksi kembali menjadi tiga pasangan calon terbaik. Tiga pasangan itu kemudian diberi kesempatan menyampaikan visi dan misi serta program kerjanya.

“Setelah selesai pemilihan, baik yang terpilih maupun tidak sama-sama berjanji bekerja sama untuk mengembangkan organisasi. Saling memperkuat bukan memperlemah. Ini pendidikan yang bagus untuk siswa,” tandasnya.

Berdasarkan hasil perhitungan suara, pasangan calon terpilih adalah Mutiara Prasetiyani dan Aditya Kurnia Rahma. Kepala SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Nur Kholis, S.Ag, berharap, para siswa bisa belajar tentang disiplin, kejujuran, amanah, dan mencontoh kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Aktif berorganisasi akan memberi banyak pengalaman dan pengetahuan yang baik dari sisi teori maupun praktik, sehingga bisa menjadi bekal hidup ketika dewasa di tengah masyarakat.

“Karena itu kami bekali mereka dengan berbagai kegiatan positif bagi para siswa yang bernapaskan Islami,” pungkasnya. (BJT01)