Home News Update SMK Perdana Gelar Festival Rebana

SMK Perdana Gelar Festival Rebana

Semarang, 15/11 (BeritaJateng.net) – SMK Perdana Semarang menggelar ‘Festival Rebana Pertamax 2’ dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah, Minggu (15/11). Nama pertamax sendiri diambil dari singkatan ‘Perdana Tampil Maksimal’ yang merupakan ide dari para siswanya.

Peserta yang mengikuti lomba dalam acara festival ini sedikitnya ada 51 grup, yang terdiri dari 25 grup pelajar SMP dan MTs se-Kota Semarang dan 26 grup dari kalangan umum. Festival rebana sudah kedua kalinya digelar di SMK Perdana yang terletak di daerah Gayamsari ini.

Menurut Ketua Penyelenggara, Ety Siti Rofiqoh, festival rebana dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah ini sengaja dicari waktu yang pas saat pelajar SMP tidak ada kegiatan.

“Masyarakat tahu SMK Perdana merupakan sekolah swasta, oleh karena itu dengan adanya acara festival rebana ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi dari sekolah kepada masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan,” terang Ety.

Salah satu anggota dari grup pelajar SMPN 14 Semarang, Putri Kalpikaning Tyas siswa kelas IX yang mengikuti ekstra rebana Elhida dalam acara tersebut juga mengaku memperoleh banyak pengalaman dan teman.

“Acaranya seru dan menambah wawasan. Selain itu juga mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW karena mensyiarkan shalawat,” ujarnya.

Putri mengungkapkan jika festival ini sudah dinantikan grupnya sejak satu tahun yang lalu, dan festival kali ini merupakan lanjutan.

Sementara itu ketua grup rebana dari kalangan umum, seperti grup Nurul Hidayah Sendangguwo Selatan, Mukhroji menjelaskan jika grup binaannya baru pertama kali mengikuti lomba rebana semacam festival.

“Sengaja ikut lomba supaya lebih berani tampil di luar dan masyarakat. Selain itu juga dalam rangka mengembangkan budaya islami,” tutur Mukhroji.

Berhubung belum pernah tampil sama sekali, Mukhroji tidak mempermasalahkan grupnya menang atau kalah. Dia berharap ke depan, grup binaannya bisa lebih baik lagi dalam memainkan rebana.

Dari pihak SMK Perdana telah bekerjasama dengan Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah dalam memberikan piala kepada yang nantinya menjadi juara umum.

“Semoga pada tahun berikutnya, yang mendapatkan juara umum bisa dilombakan lagi untuk dipilih yang terbaik dan maju ditingkat provinsi,” pungkas Ety. (BJT01)