Home News Update Smanda Ciptakan 1.234 Antologi Puisi Alam

Smanda Ciptakan 1.234 Antologi Puisi Alam

270
Kepala Sekolah SMA 2 Kendal menerima penghargaan dari Leprid oleh GM Eduarti Viska di halaman sekolah setempat.

Kendal, 4/5 (BeritaJateng.net) — Warga Kampus SMA 2 (Smanda) Kendal dinilai sangat kreatif. Dimana semua warga, mulai dari siswa, karyawan, guru dan kepala sekolah serta perwakilan orang tua dan komite sekolah membuat antologi puisi bertemakan alam. Terhitung ada sebanyak 1.234 buah karya puisi yang berhasil dicetak kemudian diabadikan dalam buku antologi puisi.

Buku antologi puisi karya warga SMA 2 Kendal tersebut diberikan judul Alam Dalam 1234 puisi. Buku tersebut dilaunching bersamaan dengan pembacaan puisi secara massal oleh seluruh siswa sekolah setempat.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal, Yuniasih tujuan pembuatan puisi ini adalah untuk memacu siswa agar lebih cinta kepada lingkungan. Sebab sekolahnya yang telah menyabet predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, maka sudah menjadi tanggung jawab sekolah kepada siswa untuk menyadarkan siswa akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Selain itu puisi ini akan memacu kami warga Smanda untuk bisa meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sehingga mempertebal rasa cinta lingkungan. Jadi tidak hanya dalam pelajaran saja tapi juga melalui ekspresi seni yang lahir dari hatinya,” katanya.

1.234 puisi tersebut Rinciannya yakni 1.125 buah karya seluruh siswa Smanda, Guru, karyawan dan kepala sekolah 74 buah, Komite sekolah tujuh buah puisi dan orang tua siswa 28 buah karya puisi.

“Ke depan akan mempersiapkan agar mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata Mandiri dari Unesco,” tambahnya.

Atas prestasi yang luar biasa tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan apresiasi berupa penghargaan.  “Ada dua rekor, yaitu rekor menulis puisi bertemakan lingkungan sebanyak 1.234 judul dengan 1.234 penulis. Rekor kedua adalah pembacaan puisi bertemakan lingkungan secara serentak dengan peserta terbanyak,” imbuhnya.

General Manager Leprid, Eduarti Viska mengatakan, SMA Negeri 2 Kendal  merupakan sekolah yang banyak meraih prestasi. Sebelumnya telah meraih rekor Leprid yaitu melakukan Gerakan Literasi Sekolah dengan peserta terbanyak, 1.082 peserta pada Januari 2018 dan menggelar Parade Lagu Nusantara yang menampilkan 34 lagu daerah dari 34 provinsi yang dibawakan oleh 34 kelompok.

“SMA Negeri 2 Kendal prestasinya luar biasa dan paling banyak mendapatkan rekor Leprid.  Rekor membuat buku yang berisi 1.234 judul puisi ini merupakan bentuk ekspresi terhadap kepedulian lingkungan,” ujarnya.

Pengawas SMA Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Supriyanto mengatakan, bahwa dengan mendapatkan penghargaan dari Leprid yaitu Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, maka tidak hanya diakui oleh Indonesia, namun diakui juga oleh dunia. “Prestasi SMA Negeri 2 Kendal ini dilihat oleh seluruh dunia,” katanya. (STY/El)