Home News Update SMA Negeri 1 Semarang Masih Jadi Favorit PPDB

SMA Negeri 1 Semarang Masih Jadi Favorit PPDB

1880
0
Ilustrasi

 

Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 27/6 (BeritaJateng.net) – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas (SMA) favorit di kota Semarang mengalami penurunan. Hal ini justru tidak terjadi di SMA Negeri 1 Semarang, sekitar 1000 siswa telah berbondong-bondong mendaftarkan diri di SMA ini.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Semarang, Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd., MM. menjelaskan, jumlah pendaftar di SMA Negeri 1 saat ini sekitar 800-1000 siswa.

Menurutnya, SMA Negeri 1 Semarang berhak menolak apabila ada peserta tidak memiliki kompetensi yang sesuai. Misalnya, memiliki piagam sepak bola, tetapi setelah diuji tim sepak bola namun justru tidak bisa.

Ia menjelaskan, proses PPDB hampir sama seperti sekolah-sekolah yang lain. Hingga saat ini, pencabutan berkas di SMA Negeri 1 Semarang baru ada tiga siswa.

Prosedur pencabutan, lanjutnya, dapat dilakukan dengan memindah berkasnya dari pilihan sekolah 1 dan 2 atau hanya mengganti pilihan 1 dan 2.

“Bila hanya mengganti, tidak perlu mencabut semuanya. Lewat operator SMA Negeri 1 Semarang, hanya diedit untuk dipindah ke sekolah yang dituju,” jelasnya.

Saat siswa melihat jurnal namun tidak muncul nama pendaftar, maka disarankan untuk melihat pada pilihan 2 apakah ada atau tidak.

“Tidak ada yang hilang, hanya saja melorot rangkingnya. Misalnya kemarin, hari kedua pendaftaran siswa yang masuk ada sekitar 200. Kemudian berkembang dan berlanjut di hari berikutnya bisa langsung turun pada nomor 400. Selama siswa masih mendaftar pada pilihan 1 dan 2 jurnalnya tetap ada, hanya saja peringkatnya akan selalu berubah-ubah,” imbuhnya. (Mg-1)