Home News Update Siswa SMKN 1 Kaligondang Juara I LKS SMK Tingkat Jateng

Siswa SMKN 1 Kaligondang Juara I LKS SMK Tingkat Jateng

338
0
Siswa SMKN 1 Kaligondang Juara I LKS SMK Tingkat Jateng
            Purbalingga, 30/11 (BeritaJateng.net) – Rois, siswa  kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kaligondang, Purbalingga, berhasil meraih juara I pada lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Kejuruan ke-26 tingkat Provinsi Jawa Tengah.
         Rois yang mewakili Purbalingga untuk mata lomba Automobile Tecnology selanjutnya akan mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat nasional. Lomba itu sendiri digelar Senin – Rabu (27/11 – 29/11) di Pati. Atas prestasi itu, Rois meraih uang pembinaan Rp 3 juta, tropi dan piagam.
            “Saya tidak menyangka bisa juara. Saya sangat bersyukur sekali atas prestasi ini. Dan saya akan mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk maju pada lomba yang sama di tingkat  nasional,” kata Rois, Kamis (30/11).
            Rois juga mengucapkan terima kasih kepada pihak SMK Negeri 1 Kaligondang, terutama pembimbing – pembimbingnya dan semua pihak yang telah membantu, mendukung dan mendoakannya hingga mencapai prestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Terima kasih kepada SMK Negeri 1 Kaligondang, Pak Budi Santoso, S.Pd, M.Si kepala SMK Sekolah, Pak Andrei dan Guru TKR selaku guru pembimbing. Mohon doa semoga saya bisa menjadi yang terbaik berhasil di LKS SMK tingkat nasional mendatang,” ujarnya.
            Senada dengan Rois, pembimbingnya Andre Yulian Akbar, S.Pd juga menyampaikan rasa syukur atas prestasi anak didiknya ini, “Dengan diraihnya juara I ini berarti merupakan hasil peningkatan prestasi dibanding tahun lalu. Tahun 2016 silam, hanya mampu meraih peringkat ke-4,” kata Andre Yulian Akbar.
            Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Arif Romdhon, S.Pd.T menambahkan, persiapan yang dilakukan Rois cukup panjang selama tiga bulan. Sejak bulan Agustus hingga Oktober ditambah training bersama dunia industri di Purbalingga beberapa waktu lalu membuat Rois lebih mantap menghadapi kompetisi tingkat provinsil ini.
            “Program khusus untuk persiapan menghadapi LKS tingkat Jateng dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa agar bisa bersaing ditingkat nasional. Secara kualitas Rois berkompeten walaupun berasal dari anak desa. Meski berasal dari Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, tetapi kompetensinya tidak kalah dengan anak-anak kota. Dari lima task, yaitu engine tune up EFI, electical body, brake system, manual transmisi dan engine mechanical, dikuasainya dengan baik. Prestasi ini tentu memberikan pengalaman berharga bagi sekolah dan siswa bersangkutan,” kata Arif Romdhon.
             Sementara itu kepala SMK Negeri 1 Kaligondang F. Budi Santoso, S.Pd, M.Si mengungkapkan, pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Rois dan tim pembimbing atas prestasi yang telah diraih. “Selamat, sukses dan terima kasih kepada Rois dan tim pembimbing yang telah bekerja keras untuk mendapatkan prestasi ini. Ini peningkatan prestasi yang luar biasa, tahun ini siswa SMK Negeri 1 Kaligondang mampu menembus juara tingkat Provinsi Jateng. Kami berharap, Rois bisa meraih prestasi terbaik lagi di lomba yang sama tingkat nasional yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat dalam waktu dekat ini,” kata Budi Santoso. (yit/El)