Home Ekbis Sisi Timur Pasar Klewer Siap Dibuka untuk Pedagang

Sisi Timur Pasar Klewer Siap Dibuka untuk Pedagang

image
Dok. BeritaJateng.net

Solo, 9/1 (BeritaJateng.net) – Perekonomian Pasar Klewer yang lumpuh sesaat  pasca terbakar hebat beberapa waktu lalu mulai pekan depan akan marak kembali. Aktifitas perdagangan di  Pasar Klewer di sisi timur yang selamat dari amaukan si jago merah akan segera dibuka.

Sebenarnya  kios sisi timur Pasar Klewer tidak ikut terbakar namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan untuk sementara ditutup. Selain itu lokasi di sekitar Pasar Klewer juga di sterilkan agar  tidak    mengganggu proses penyidikan yang sedang berjalan. 

Begitu penyidikan dari pikan Kepolisian rampung maka kios Pasar Klewer sisi timur kembali di buka karena dianggap masih layak dan bisa digunakan kembali. Meski di sisi baratnya  tinggal puing-puing sisa kebakaran.  

Menurut Kepala  Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo, Subagyo kemungkinan minggu depan pasar sisi timur sudah bisa di buka kembali. 

“Saat ini Dinas Pengelola Pasar (DPP), masih melakukan perbaikan instalasi  listrik, penyediaan peralatan keamanan, juga pemagaran Pasar Klewer sisi Barat yang ikut habis terbakar,” terangnya di Solo Jawa Tengah, Jumat (9/1/2015). 

Dengan begitu ungkap Bagyo, pedagang bisa segera ditempatkan kembali ke lokasi. Bagi pedagang yanh kiosnya terbakar untuk sementara waktu bisa berjualan dia area parkir Masjid Agung Solo.

Terpisah Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, akan menemui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah terkait rencana pembangunan pasar darurat di lokasi cagar budaya yaitu Beteng Vastenberg juga Alun-Alun Utara yang merupakan tanah milik Kraton Solo.

“Janganlah  pembangunan pasar darurat itu nantinya  menyalahi aturan, atau justru bisa merusak cagar budaya,” terangnya.

Pasalnya ada beberapa pendapat yang muncul bahwa pemanfaatan Beteng Vasternburg dan Alun-alun milik Kraton Solo untuk digunakan sebagai pasar darurat bisa  mengancam kerusakan cagar budaya. (BJ24)