Home News Update Sigit : Pengaturan Jam Kerja Atasi Kemacetan Semarang

Sigit : Pengaturan Jam Kerja Atasi Kemacetan Semarang

Sigit Ibnu

Semarang, 19/9 (BeritaJateng.net) – Calon Walikota Semarang Sigit Ibnugroho Sarasprono dan Agus Sutyoso (SiBagus) menggagaskan pengaturan jam kerja pegawai dan karyawan untuk mengatasi masalah kemacetan arus lalu lintas pada programnya Pilwalkot 2015.

“Kemacetan lalu lintas merupakan ciri khas negara-negara berkembang. Membangun infrastruktur jalan baru juga bukan hal mudah,” tutur Sigit Ibnugroho.

Menurut Sigit Ibnugroho, untuk mengembangkan infrasturktur baru seperti jalan, belum tentu hanya menyediakan pendanaan besar namun perlu dilakukan upaya-upaya lain yang solutif.

Seperti untuk mengurai kemacetan dalam programnya, bahwa ia menyampaikan, sangat perlu pengaturan jam kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan anak sekolah agar arus kendaraan tidak menumpuk bersamaan pada waktu dan jam-jam tertentu.

Sigit mengatakan, bahwa kemacetan lalu lintas sering kali terjadi saat pagi hari dikarenakan anak-anak berangkat sekolah dan orang pergi bekerja secara bersamaan sehingga menimbulkan penumpukan arus lalulintas kendaraan di Semarang.

“Kalau jam kerja PNS dan jam sekolah bisa diatur kan bisa membantu mengurangi kemacetan. Sekarang ini, jam kerja PNS di Pemerintah Kota Semarang kan mulai jam 07.00-15.00WIB. Lanjutnya, jam kerja PNS bisa diatur menjadi pukul 08.00-16.00 WIB agar tidak terjadi bersamaan dengan jam masuk anak-anak sekolah, yaitu pukul 07.00 WIB sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di Semarang. Jam masuk anak-anak sekolah tetap pukul 07.00 WIB, sementara jam kerja karyawan swasta juga tetap. Jam kerja karyawan swasta rata-rata mulai pukul 08.30 WIB, sehingga tidak bersamaan,” terangnya.(BJ06)