Home Hiburan Serunya Tubing di Lereng Gunung Lawu

Serunya Tubing di Lereng Gunung Lawu

Karanganyar, 7/1 (BeritaJateng.net) – Wisata alam yang berada di Kabupaten Karanganyar masih banyak yang belum tergali. Terletak di lereng gunung Lawu, Karanganyar memiliki lokasi wisata yang sangat indah. Selama ini wisatawan hanya mengenal Tawangmangu dengan Grojogan Sewu-nya. Demikian juga dengan peninggalan budaya kuno seperti Candi Sukuh, candi Cetho.

Padahal wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam lainnya di wilayah lereng Lawu. Salah satunya adalah wilayah Ngargoyoso, Karanganyar.

Banyak lokasi wisata alami yang belum tersentuh modernisasi. Wisata kebun teh Kemuning, dengan bangunan pabrik kuno yang merupakan peninggalan kolonial Belanda masih berdiri megah.

Wisatawan bisa merasakan nikmatnya seduhan teh di Kemuning sambil menikmati dinginnya kabut yang seringkali turun menambah suasana menjadi hangat dan eksotik.

Wilayah lain di Ngargoyoso, tepatnya di Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso Karanganyar memiliki potensi wisata tubing, flying fox, hacking, river climbing (mendaki tebing sungai/air terjun) juga fun game.

Salah satu wahana yang menarik pengunjung adalah tubing, yakni sejenis arung jeram namun tidak menggunakan perahu karet. Namun tubing menggunakan ban dalam bekas truk FUSO yang telah di modifikasi sebelumnya.

Dengan menambahkan bagian tengah yang dilengkapi tali pengaman untuk pegangan dan dudukan untuk pantat agar nyaman saat digunakan dalam air dan hanya diisi satu orang saja.

Salah satu penggiat wahana tubing yang di gawangi pemuda desa Gadungan yang tergabung dalam Senatah Adventure, Rian yang biasa di panggil gembel menjelaskan wahana tubing ini mulai di minati pengunjung.

“Kita coba memberdayakan potensi alam di desa Gadungan untuk meningkatkan pendapatan warga sekitar,” jelas Gembel ketika ditemui beritajateng.net di Ngargoyoso belum lama ini.

Gembel menyebutkan untuk menikmati jenis permaianan cukup merogoh kantong sebesar Rp. 20 ribu untuk paket tubing sepanjang kurang lebih 800 meter. Untuk Climbing dipatok sebesar Rp. 15 ribu, Fliying Fox dengan ketinggian 10 meter pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp. 15 ribu. Sedangkan paket hacking, susur sungai, dan fun game hanya dihargai Rp. 30 ribu per orangnya. Sehari rata-rata 50 orang pengunjung yang datang.

“Sebelum dibuka untuk umum, penyusuran lokasi dan juga pengecekan alat yang digunakan di lakukan Mas Sabar (Sabar Gorky),” pungkas Gembel. (BJ24)