Home Lintas Jateng Sering Banjir Rob, Terminal Terboyo Direncanakan Pindah Ke Demak

Sering Banjir Rob, Terminal Terboyo Direncanakan Pindah Ke Demak

37
0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tinjau langsung posko arus mudik lebaran di Terminal Terboyo Semarang.

Semarang, 7/6 (BeritaJateng.net) – Pemerintah pusat merencanakan pemindahan Terminal Terboyo di Kota Semarang ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang lebih representatif pada 2019.

“Pemindahan Terminal Terboyo yang termasuk Terminal Tipe A ke Kabupaten Demak akan dilakukan bersamaan dengan selesainya pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat di Semarang.

Ia menyebutkan lokasi baru pengganti Terminal Terboyo akan berada di pintu keluar Jalan Tol Semarang-Demak, tepatnya di sisi utara atau sebelah kiri dari arah Kota Semarang.

Terkait dengan rencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Demak berkewajiban menyiapkan lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan terminal baru, sedangkan yang membangun nantinya adalah pemerintah pusat dengan pembiayaan dari APBN.

Menurut dia, Pemkab Demak sudah menyiapkan lahan. Sementara dana untuk pembangunan terminal pengganti Terminal Terboyo itu akan dianggarkan dalam APBD Jawa Tengah 2018.

Ia menjelaskan bahwa rencana pembangunan terminal tidak sekadar menyiapkan gambar perencanaan saja, tapi juga penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan maupun “Detail Engineering Design”, termasuk penganggaran.

Pascapemindahan, kata dia, Terminal Terboyo nantinya kemungkinan akan dijadikan sebagai terminal truk sesuai permintaan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

“Saat ini, kami sedang mengkaji jalur trayek yang sebelumnya keluar dan masuk ke Terboyo,” ujarnya. (El)