Home Headline Serap Aspirasi, Bogi Kunjungi Ponpes Al Falah Rawalo

Serap Aspirasi, Bogi Kunjungi Ponpes Al Falah Rawalo

287
0

BANYUMAS, 30/6 (beritajateng.net) – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng Asfirla Harisanto, Sabtu – Minggu (29-30/6) mengunjungi konstituennya di Kabupaten Banyumas. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Salah satu yang dikunjungi pada kesempatan tersebut adalah Pondok Pesantren Al Falah Kecamatan Rawalo.

Di Pondok pesantren yang memiliki santri sebanyak 250 orang tersebut, Asfirla yang akrab dipanggil Bogi ini ditemui oleh pengasuh pondok KH Muhammad Nasir (Abah Nasir) beserta beberapa orang ustad dan ratusan santri yang kebetulan baru saja selesai mengaji.

Melihat pesantren yang didirikan pada tahun 1989 oleh KH musthofa Kostholani ini Bogi merasa terkesan dengan pembelajaran yang diterapkan dengan sistem boarding school, dimana santri belajar non stop sejak pagi hari mulai sholat Subuh sampai jam 9 malam.

“luar biasa semangat belajar santri dengan panduan para kyai dan ustad disini. Mereka belajar nonstop dari mulai sholat subuh sampai jam 9 malam. Hampir tidak istirahat dengan perpaduan sekolah formal dan diniyyah,” ungkapnya.

Bogi mencermati proses belajar mengajar yang diterapkan di pondok pesantren ini. Menurut dia akan bisa maksimal dengan menghasilkan lulusan yang berkwalitas jika didukung sarana dan prasarana yang memadai. Namun fasilitas yang ada dipandang masih kurang.

“Dari penjelasan pengelola pondok, fasilitas disini banyak yang kurang. Salah satunya adalah asrama santri. Satu kamar rata rata dihuni oleh 20 santri. Ini kurang ideal,” katanya.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi C ini minta agar Pemprov Jateng meningkatkan perhatiannya dengan memberikan bantuan kepada pondok pondok pesantren yang saat ini banyak memiliki permasalahan yang sama. Sebagai anggota dewan, dia menyatakan siap membantu mengalokasikan anggaran untuk pendidikan keagamaan ini.

“Silakan mengajukan proposal agar bisa kami bahas untuk segera dialokasikan anggarannya,” pintanya.

Pengasuh Pondok pesantren Al Falah Abah Nasir menyambut baik kedatangan Asfirla. Menurut kyai yang memiliki jaringan alumni Ponpes Ploso Kediri Jatim ini, selama ini perhatian anggota DPRD Provinsi Jateng sangat minim bahkan dia mengaku belum pernah ada yang menyambangi pondok pesantrennya.

“Saya bersyukur ada anggota dewan yang memperhatikan kami. Selama ini belum pernah ada yang mampir kesini,” katanya.

Dengan kunjungan silaturahmi Asfirla ini, Abah Nasir mengharapkan agar kunjungan ini bisa memberi pencerahan untuk perkembangan Pondok Pesantren Al Falah dan pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Banyumas.

“Kunjungan ini sangat positif bagi kami karena anggota dewan bisa mengetahui secara langsung perkembangan pondok pesantren beserta segala problematikanya,” pungkasnya.

(NK)