Home News Update Sempurnakan Ibadah Qurban dengan Sedekah Air Bersih

Sempurnakan Ibadah Qurban dengan Sedekah Air Bersih

Air Bersih

Wonogiri, 8/9 (BeritaJateng.net) – Musibah kekeringan yang massif dan belum teratasi hingga kini, sudah semestinya menggerakkan nurani untuk segera peduli dan berbagi. Itulah langkah minimal bagi jiwa yang meyakini ke-Esa-an Ilahi Robbi.

Setelah melakukan aksi Sedekah Air Bersih di beberapa daerah, kini BMH hadir di Wonogiri.

Jangan biarkan saudara kita di Paranggupito, Wonogiri terperangkap dalam siklus kekeringan. Mari bantu mereka menemukan jalan keluar yang berkelanjutan.

Setiap tahun, kekeringan menjadi kondisi yang tak bisa dihindari. 
Kekeringan yang melanda wilayah Wonogiri bagian Selatan merupakan tamu rutin yang tidak diharapkan saudara kita di sana. 

Ternak dan harta simpanan yang mereka peroleh dengan susah payah dari hasil penjualan panen di musim hujan, harus dijual untuk membeli air dalam tangki-tangki sebagai penyambung hidup. 

Bantuan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan lembaga amal, bisa menjadi solusi jangka pendek untuk mengurangi kebutuhan yang harus dikeluarkan oleh warga untuk membeli air. 

Tetapi, jika dengan cara itu, masalah yang sama akan terulang lagi di musim kemarau yang akan datang? Sampai kapan kondisi ini harus mereka hadapi?

Sebenarnya jalan keluarnya ada di depan kita. Kekeringan akan bisa diatasi jika ada air bersih yang bisa mengalir sepanjang tahun, terutama di musim kemarau, ke rumah-rumah. 

Sama seperti kita mengalirkan air dari ledeng PAM, atau mungkin bisa lebih baik. Ada rancangan untuk membangun instalasi air minum dilengkapi filter, sehingga air yang mengalir bisa langsung di minum tanpa harus direbus. 

Ini bisa dimungkinkan dengan penambahan sistem filtrasi yang mensterilkan air di dalam jaringan air bersih. Bantu kami, memanfaatkan Sumber Air Banyutowo sebagai jalan keluar mengatasi kekeringan di Paranggupito Wonogiri. 

Saat ini BMH sedang membangun jaringan pipa untuk 3 dusun, yakni Dusun Grimbal, Kloposari dan Dusun Nongosari.

Selanjutnya jaringan pipa untuk dusun – dusun sekitar yang kondisinya tidak jauh berbeda, hingga saudara kita disana terbebas dari musibah kekeringan yang biasa melanda setiap tahun.

Memanfaatkan momentum berqurban tahun ini, mengapa tidak kita sempurnakan dengan sedekah air bersih dengan membangun instalasi air bersih untuk masyarakat Wonogiri. (*)