Home News Update Seminar Youth Media Festival Digelar di Udinus

Seminar Youth Media Festival Digelar di Udinus

IMG_20151016_163153

Semarang, 16/10 (BeritaJateng.net) –¬†Pusat Informasi dan Layanan Remaja (PILAR), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar Seminar Nasional bertajuk Youth Media Festival, Peran Remaja Masa Depan untuk Indonesia.

Seminar Nasional tersebut mengangkat Tema Besar dalam ‘Menjawab Tantangan Bonus Demografi, Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Perkembangan Media’ di Aula Gedung E Lantai 3 Udinus, Jumat (16/10).

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, Rektor Udinus, Ir. Edi Nur Sasongko., M.Hum dan Werdi Ariyani dari Kementerian Perdagangan yang membahas mengenai gambaran umum kondisi kependudukan, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pesertanya sendiri dibatasi, sedikitnya ada 200 delegasi peserta.

Negara Indonesia memiliki jumlah populasi manusia 237,6 juta jiwa yang mana 27,6 persennya adalah remaja. Hal ini menjadi isu global yang mana remaja turut aktif dalam perkembangan masa depan Negara Indonesia.

Remaja juga merupakan pengguna internet terbanyak tidak hanya di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia. Dalam seminar tersebut juga dibahas jika Malala Yousafzai seorang aktivis pendidikan, khususnya pendidikan perempuan sangat tertarik dengan
kekuatan dan dampak dari media sosial. Dia menekankan dan mengajak remaja untuk menggunakan media sosial sebagai sesuatu hal yang baik dan benar.

MEA merupakan tantangan bagi remaja masa depan. Perkembangan media saat ini pun tidak bisa dipungkiri sangat cepat dan dinamis. Apa yang orang-orang pikirkan tentang media, dalam seminar tersebut dijelaskan oleh Rektor Udinus, Ir. Edi Nur Sasongko., M.Hum, bahwa perkembangan media yang dilakukan oleh Udinus adalah pembuatan Gamelan Digital.

“Gamelan digital diadopsi dari keraton Yogyakarta dan keraton Solo,” ujarnya. (BJT01)