Home News Update Seminar Dampak Sosial Lingkungan Bagi Pebisnis

Seminar Dampak Sosial Lingkungan Bagi Pebisnis

IMG_20150826_094043

Semarang, 26/8 (BeritaJateng.net) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik (Unika Soegijapranata) Semarang mengadakan Seminar bertajuk “Semarang International Conference on Business Inclusiveness and Sustainability” dengan mengangkat tema besar, Strengthen Inclusive Business Sustainability Research and Practicies di Hotel Grand Candi Lt. 1, Rabu (26/8).

Fokus masalah dalam seminar ini membahas mengenai sosial dan lingkungan. Ini merupakan konferensi rutin, yang awalnya diadakan pada tahun 2012. Ada sedikitnya 50 peserta yang hadir, terdiri dari dosen Unika dan dosen dari luar Unika, ada pula mahasiswa dari Fillipina.

Prof. Lorne Cummings (dari Macquarie University, Australia), Prof. Hasan Fauzi (dari Universitas Sebelas Maret, Solo), dan Ir. I Made Surata, M. Si (Direktur Umum dan CSR PT Antam) bertindak sebagai pembicara utama dalam seminar ini.

Prof. Hasan Fauzi lebih menekankan pada praktik bisnis di Indonesia. Sedangkan Prof. Lorne Cummings pada praktik bisnis di Negaranya. Mereka merupakan pelaku bisnis, jadi lebih menguasai praktiknya secara langsung.

Ketua Panitia, Ranto P. Sihombing menjelaskan dengan adanya seminar ini sebagai wahana diskusi kepada masyarakat untuk meminimalisasi dampak negatif dari limbah Perusahaan.

“Perusahaan yang berorientasi pada keuntungan, namun pada kenyataannya justru merugikan masyarakat perihal limbah industrinya. Tidak cukup hanya dengan memberikan santunan, beasiswa, sunat massal, bantuan, dsb. Akan tetapi langkah apa yang harus dilakukan pada pelaku bisnis di sebuah perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Serta memikirkan lingkungan sosial masyarakat sebagai imbasnya,” tuturnya.

Tujuan diadakannya seminar ini untuk mewujudkan praktik tata kelola usaha yang baik dan berwawasan lingkungan. “Memberikan sumbangsih pemikiran guna mewujudkan praktik usaha yang memperhatikan kelestarian secara luas,” imbuh Ranto.

Mahasiswa asal Fillipina, Jose Marie Severino, mengaku mendapatkan manfaat dan ilmu dengan adanya seminar ini. “Studying accounting, management, Tax Business and Law, CSR and sustainability, greenpreneurship, good corporate governance,” ujarnya. (BJT01)