Home Lintas Jateng Sembilan Puskemas di Solo Rusak

Sembilan Puskemas di Solo Rusak

388
Foto/Ilustrasi

 

Solo, 19/12 (Beritajateng.net) – Sebanyak sembilan puskesmas pembantu di Solo mengalami kerusakan lantaran sudah berumur puluhan tahun dan perlu perbaikan agar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, di Solo, Jumat, mengatakan kesembilan puskesmas pembantu tersebut meliputi Puskesmas Pembantu Minapadi, Kembroyang, Clolo, Makam Cilik, Karangasem, Timuran, Danukusuman, Joyosuran, dan Semanggi I.

Ia mengatakan perbaikan sembilan puskesmas pembantu tidak bisa dikerjakan pada 2015 lantaran keterbatasan anggaran. Selain itu pengurangan kucuran dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat yang berimbas pada pembangunan puskesmas tidak bisa dilaksanakan.

Dikatakan perbaikan dan pembangunan puskesmas pembantu dikerjakan pada 2016 mendatang.

“Kami sudah memiliki DED (detail engineering design) untuk pembangunan puskesmas pembantu. Rencananya kami ingin rampungkan pada tahun depan, tapi tidak ada anggaran,” katanya.

Khusus untuk Puskesmas Pembantu Timuran sifatnya hanya bisa direhab dan bukan dilakukan pembangunan. Hal ini mengingat kondisi lahan yang dimiliki terbatas. Sedangkan untuk delapan puskesmas pembantu lainnya akan dilakukan pembangunan. Estimasi dana untuk pembangunan pustu diperkirakan menelan anggaran Rp700 juta per satu unit Pustu.

Selain puskesmas pembantu, lanjutnya, lima puskesmas juga mendesak dilakukan perbaikan. Sama seperti puskesmas pembantu, kondisi lima puskesmas ini sudah berusia tua dan butuh perbaikan.

Dari lima puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Gilingan, Purwodingratan, Purwosari, dan Penumping. “Tahun 2015 hanya satu puskesmas yang dibangun, itu pun proyek lanjutan di Puskesmas Kratonan dananya Rp800 juta. Puskesmas lain kami targetkan 2016 bisa selesai,” katanya.

Ia mengatakan estimasi anggaran untuk pembangunan puskesmas mencapai Rp2,5 miliar per satu puskesmas, artinya masih membutuhkan dana Rp10 miliar untuk pembangunan lima puskesmas.(ant/ss)