Home Headline Sembilan Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Lawu

Sembilan Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Lawu

S
S
Salah satu korban kebakaran hutan di Gunung Lawu yang dapat dievakuasi petugas Basarnas.

Semarang, 18/10 (BeritaJateng.net) – Hutan di Gunung Lawu, tepatnya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kebakaran hebat pada, Minggu (18/10). Dari informasi yang diperoleh, terdapat sembilan pendaki terjebak dalam kebakaran, tujuh di antaranya dikabarkan tewas dengan luka bakar serius.

Relawan Anak Gunung Lawu, Budi Suwarno mengatakan sembilan pendaki tersebut naik ke Gunung Lawu kemudian terjebak kebakaran hutan di Pos 4, Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Sabtu (17/10) lalu.

“Saya kurang tahu naiknya dari Cemoro Sewu (Magetan) atau Cemoro Kandang (Karanganyar). Tetapi saat dilakukan evakuasi ditemukan di Cemoro Sewu di antara Pos 4 dan Pos 3,” ujar Budi.

Dari keterangan tim evakuasi, lanjut budi, sekitar sembilan pendaki, dua orang mengalami luka bakar parah dan tujuh lainnya diduga meninggal dunia karena luka bakar.

Pejabat Humas Kantor SAR Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan, dari evakuasi survivor pendaki yang terjebak kebakaran hutan lawu, korban bernama Eko Nurhadi (45) yang merupakan warga Ngawi, Jawa Timur.

“Korban yang naik di Gunung Lawu ditemukan terkena kobaran api hingga mengalami luka bakar sekira 50 persen dari titik kebakaran antara pos 2 dengan pos 3. Korban sudah dibawa ke RS Magetan,” ujar Yohan.

Petugas Basarnas mengevakuasi pendaki yang terjebak kebakaran hutan di Gunung Lawu.
Petugas Basarnas mengevakuasi pendaki yang terjebak kebakaran hutan di Gunung Lawu.

Dia menambahkan saat terjebak, survivor bisa turun setelah minta tolong pada rekan pendaki Maisuri Salim (45) warga Tembalang, Semarang yang saat itu sedang jalan naik. Terkait jumlah korban, pihaknya belum bisa memastikan, karena proses evakuasi masih berlangsung.

Selanjutnya, survivor di bawa ke RS Magetan untuk di beri tindakan lebih lanjut. Diduga masih ada beberapa lagi survivor yang terjebak di pos III jalur pendakian Gunung Lawu. “Saat ini tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Surakarta, AGL, dan tim SAR yang lain masih melakukan proses pencarian dan evakuasi,” katanya. (Bj)