Home Headline Semarang Jadi Tuan Rumah MXGP Motocross Internasional

Semarang Jadi Tuan Rumah MXGP Motocross Internasional

281
0
Audiensi terkait penyelenggaraan MXGP.
        Semarang, 21/3 (BeritaJateng.net) – Menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia, Kota Semarang akan berupaya penuh memberikan kesan yang baik agar tetap diingat para tamu dari ajang tersebut.
        Kesiapan mulai dari lahan yang akan digunakan sebagai sirkuit hingga penginapan saat ini sudah dicarikan, mengingat ivent ini akan didatangi lebih dari seratus ribu orang untuk menyaksikan ajang tersebut.
        “12 tim Motocross kelas dunia menyatakan siap untuk mengikuti ajang MXGP yang akan digelar di Mijen Kota Semarang. MXGP ini merupakan event balap motocross paling elit di dunia berada di bawah Federasi Internasional Motorcycling Federation atau organisasi internasional di bidang balap sepeda motor,” ujar Perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Judiarto saat beraudiensi dengan Walikota Semarang, Senin (20/03).
        Sedikitnya dari 12 tim yang mengikuti kelas motorcross, setiap timnya akan menerjunkan 4 sampai 5 pembalap yang terjun dalam dua kelas yakni MX 1 dan MX 2. Sedangkan kesiapan dari lokasi sirkuit saat ini masih sekitar 10 persen,  karena sedang mengerjakan pemotongan beberapa pohon dilokasi sekitar 30 hektar.
        “Pengerjaan sirkuit ini akan dikebut dengan target penyelesaian pada bulan Mei sudah selesai, tim disainer sirkuit yang kami sewa dari eropa akan datang pada akhir bulan ini, makanya pemotongan (Pohon) akan kami kebut. sedangkan penyelenggaraan ivent MXGP ini yakni pada tanggal 7 dan 8 Juli nanti,” tambahnya.
        Tidak main-main, Kata Judiarto, setiap pembalap yang ikut serta dalam kejuaraan ini merupakan crosser top dunia yang bahkan nilai kontrak mereka per tahun mencapai Rp. 20 Miliar. “Akan ada banyak crosser dunia kumpul seperti crosser dari KTM Antonio Cairoli yang musim lalu menjadi runner up di klasemen akhir. Bos mereka (Executive Director KTM Nort America,Inc)) Selvaraj Narayana, ikut hadir menemui pak Wali,” imbuhnya.
        Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan siap menyambut para tamu dari luar negeri yang ikut berlomba maupun wisatawan asing yang menyaksikan kompetisi motocross kelas dunia ini.
Ia menyebutkan sedikitnya telah menyiapkan sekitar 50 hotel dari bintang lima sampai dua dengan total kamar yang disiapkan mencapai 4 ribu.
         “Selain itu, kita juga akan siapkan perjalanan wisata seperti mengunjungi tempat-tempat wisata di semarang hingga di objek wisata lain seperti di Borobudur dan Candi gedung songo. Mereka ini kan ivent nya dua hari tapi tinggalnya seminggu di Kota Semarang, makanya kita akan coba carikan yang menarik nanti,” kata Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang ini.
          Sementara terkait dana hibah kepada IMI, Hendrar Prihadi mengaku sudah menyiapkan anggarannya senilai 18 Miliar rupiah, tinggal menunggu kelengkapan adminsitrasi dari IMI selaku pengguna anggaran pelaksanaan ajang MXGP, untuk mencairkan anggaran tersebut. “Soal itu (Pencairan) tidak ada masalah, asalkan dokumen diselesaikan sama IMI semua beres tinggal di cairkan,” jelasnya. (El)