Home Life Style Semarang Great Sale Bakal Digelar 17 April-15 Mei 2016

Semarang Great Sale Bakal Digelar 17 April-15 Mei 2016

642
0
Wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan sambutannya dalam silaturahmi pelaku usaha Semarang Great Sale (Semargres) 2016.

*Targer Transaksi Semargres 2016 Lebih Dari Rp. 200 Miliar.

Semarang, 21/3 (BeritaJateng.net) – Semarang Great Sale (Semargres) 2016 yang rencananya akan digelar pada 17 April – 15 Mei 2016 tak hanya menyasar konsumen Jateng namun juga konsumen nasional.

“Ini sebuah bentuk konsistensi, lima tahun berturut-turut Semargres menunjukkan animo luar biasa baik dari pelaku usaha maupun masyarakat, dan ditahun keenam penyelenggaraan, seolah menjadi sebuah tradisi kami berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dakam peningkatan transaksi dan pariwisata di kota Semarang,” ujar Arnas Agung Andrarasmara Ketua Panitia Semargres 2016.

Dibutuhkan sinergitas antar stakeholder baik pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan transaksi selama Semarang Great Sale 2016 nanti.

Menurut Arnas, hal pertama yang ingin dilakukan kepanitiaan Semargres 2016 untuk mendongkrak potensi nasional yakni dengan mengekspose kegiatan Semargres diluar Jateng. “Harapan kami bisa menggelar prescon di Jakarta dan didampingi Kementerian Pariwisata, Kementerian Ekonomi Kreatif atau kementerian lain,” terangnya.

Salah satu tolok ukur kesuksesan Semargres tahun lalu, lanjut Arnas, pada tahun 2015 lalu animo pengusaha dan konsumen dilihat range kupon dan doordprize termasuk dalam indikator meningkat tajam. “Transaksi pada tahun 2015 lalu mencapai 20.000 bendel atau sama dengan 2juta kupon. Jika setiap transaksi Rp 100rbu untuk satu kupon maka transaksi tahun 2015 mencapai Rp. 200 miliar,” katanya.

Foto bersama stakeholder pelaku usaha dalam Semargres 2016
Foto bersama stakeholder pelaku usaha dalam Semargres 2016

Sementara itu, wakil walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan apresiasi kepada pelaku usaha yang lambat laun mulai sadar akan pentingnya event Semargres dan mulai bersinergi dengan Pemkot Semarang dalam meningkatkan target transaksi dan wisata di Semarang

“Event tahunan Semarang Great Sale ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kota Semarang, untuk tahun ini adalah yang ke-469. Berkaca dari pengalaman penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, keberhasilan Semargres salah satunya karena peran serta kawan-kawan pengusaha retail, swalayan, hotel, restoran, maskapai penerbangan, dengan didukung sepenuhnya oleh KADIN,” ujar Ita–sapaan akrabnya dalam sambutannya.

Jika kita evaluasi,

lanjut Ita, selama ini Semarang Great Sale telah berjalan dengan baik. Respon masyarakat juga terbilang sungguh luar biasa. Artinya, Semargres mampu menjadi magnet bagi masyarakat tidak hanya lokal, namun juga yang berasal dari luar kota Semarang untuk datang ke sini berbelanja, menginap maupun jajan di Kota Semarang. Meski jika diihitung-hitung, dengan adanya diskon yang gedhe berarti akan sedikit mengurangi income, namun kalau yang memanfaatkan diskon banyak, tentu pemasukan akan jauh lebih besar.

“Sosialisasi maupun publikasi Saya rasa menjadi kunci penting agar Semargres tahun ini bisa lebih greget dan lebih menggigit. Kalau kita boleh meniru, Solo Great Sale dilaunching tidak di Kota Solo melainkan di Jakarta. Saya pikir strategi ini sangat jitu dan bisa kita aplikasikan, karena kita sudah memiliki jaringan networking yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan kota-kota lain di Indonesia,” imbuhnya.

Ita juga berpesan, agar pelaku usaha di Kota Semarang agar lebih kompak, sehati dan satu misi dalam mendukung sepenuhnya Semarang Great Sale tahun 2016. (Bj05)